Perkembangan Sistem Operasi Android

Perkembangan Android dari Zaman ke Zaman


Pada kali ini , saya akan membahas materi kuliah di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung . Yaitu mengenai Sistem Operasi berbasis Mobile yaitu Android . Berikut saya akan membahas mengenai perkembangan Sistem Operasi Android.

Perkembangan Sistem Operasi Android Dari Waktu Ke Waktu

Perkembangan Android dari waktu ke waktu semakin maju seiring teknologi yang semakin canggih dan penggunanya yang semakin banyak . Di dalam sistem operasi Android terdapat beberapa macam - macam versi sistem operasi . Hingga saat ini terdapat sistem operaasi Android dari versi ke 1 hingga ke 8 (oreo) . Lalu didalam semua sistem operasi android tersebut terdapat beberapa macam - macam nama yang sangat unik .

Perkembangan Sistem Operasi Android
Perkembangan Sistem Operasi Android sesuai Alfabertis

Google sendiri menolak member alasan mengapa member nama makanan penutup (dessert) di setiap nomor versi android . Versi - versi android yang ada antara lain , Cupcake , Donut , Eclair , Gingerbread , Froyo , Icecream , Jellybean , Kitkat , Lollipop , Marshmellow , Nougat dan Oreo . Jika dilihat secara pengurutan , nama terhadap versi diurutkan secara alfabetis (A sampai Z) . Ada yang mengatakan bahwa alasan google memberi nama tersebut karena ingin Sistem Operasi Android melenggang laris manis di pasaran semanis makanan penutup.

Pada Juli 2000 , Google bekerja sama dengan Android Inc. , Perusahaan yang berada di Palo Alto,California Amerika Serikat . Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, diantaranya Andy Rubin , Rich Miner , Nick Sears da Chris White . Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler . Sejak itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler . Di perusahaan Google , tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukunng olher kernel Linux . Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler . Versi android terbaru yaitu versi android 8.0 (oreo) . Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia , Sony Ericsson dan Lainnya.

Nexus One merupakan smartphone yang diproduksi oleh HTC
Smartphone Nexus One yang diproduksi oleh HTC

September 2007 , sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler . Akhirnya Google mengenalkan Nexus One , salah satu jenis smartphone GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya . Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010.

9 Desember 2008 , diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings , Atheros Communications , yang diproduksi oleh asustek Computer Inc , Garmin Ltd, Softbank , Sony Ericsson , Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance , OHA mengumumkan produk perdana mereka , Android , perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6.Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur - fitur baru.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment