Metode Prototype

Pada kali ini , saya akan memposting materi kuliah Rekayasa Perangkat Lunak mengenai Model Prototyping . berikut adalah penjelasan mengenai Model Prototyping .

Prototype adalah salat satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan . Dengan menggunakan Metode prototyping ini , pengembangan dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem . Sering terjadi seorang pelanggan hanya mendefinisikan secara umum apa yang dibutuhkan , pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan

Metode Prototype

Prototype adalah salat satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan . Dengan menggunakan Metode prototyping ini , pengembangan dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem . Sering terjadi seorang pelanggan hanya mendefinisikan secara umum apa yang dibutuhkan , pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan . Sebaliknya , disisi pengembang kurang memperhatikan efisiensi Algoritma . Kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia dengan komputer.

Pada prototyping model kadang- kadang klien hanya memberikan beberapa kebutuhan umum software tanpa detail input , proses atau detail output dilain waktu mungkin tim pembangun (developer) tidak yakin terhadap efisiensi dari algoritma yang digunakan , tingkat adaptasi terhadap sistem operasi atau rancangan form user interface . Ketika situasi seperti ini , terjadi model prototyping sangat membantu proses pembangunan software . Proses pada prototyping bisa dijelaskan sebagai berikut

  1. Pengumpulan Kebutuhan . Developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum , kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian - bagian yang akan dibutuhkan berikutnya . Detail kebutuhan mungkin tidak dibicarakan disini , pada awal pengumpulan kebutuhan.
  2. Perancangan . Perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili aspek software yang diketahui dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype.
  3. Evaluasi Prototype . Klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan dipergunakan untuk memperjelas kebutuhan software.

Tahapan - Tahapan Prototype

Tahap - tahap pengembangan model prototype menurut bapak Roger S . Pressman adalah :

Tahapan - Tahapan Model Prototype

1 . Mendengarkan Pelanggan 

Pada tahap ini dilakukan pengumpulan kebutuhan dari sistem dengan cara mendengar keluhan dari pelanggan . Untuk membuat suatu sistem yang sesuai kebutuhan , maka harus diketahui terlebih dahulu bagaimana sistem yang sedang berjalan untuk kemudian mengetahui masalah yang terjadi .

2 . Merancang dan Membuat Prototype

Pada tahapan ini , dilakukan perancangan dan pembuatan prototype system . Prototype yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan sistem yang telah didefinisikan sebelumnya dari keluhan pelanggan atau pengguna.

3 . Uji Coba

Pada tahap ini , Prototype dari sistem di uji coba oleh pelanggan atau pengguna . Lalu dilakukan evaluasi kekurangan - kekurangan dari kebutuhan pelanggan . Pengembangan kemudian kembali mendengarkan keluhan dari pelanggan untuk memperbaiki Prototype yang ada.


Kelebihan Metode Prototype

Kelebihan dari metode prototyping ini adalah :
  1. Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan
  2. Pengembangan dapat bekerja baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan
  3. Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem
  4. Penerapan lebih mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya

Kekurangan Metode Prototype

Sedangkan kekurangan dari metode prototyping ini adalah :
  1. Resiko tinggi yaitu untuk masalah - masalah yang tidak terstruktur dengan baik , ada perubahan yang besar dari waktu ke waktu dan adanya persyaratan data yang tidak menentu
  2. Interaksi pemakai penting . Sistem harus menyediakan dialog on-line antara pelanggan dan komputer
  3. Hubungan pelanggan dengan komputer yang disediakan mungkin tidak mencerminkan teknik perancangan yang baik.


Sekian pembahasan mengenai Model Prototyping kali ini . semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
June 25, 2020 at 4:23 PM ×

infonya sangat bermanfaat bagi ane
penyedot timah solder

Congrats bro Shikamaru Nara you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment