Business Use Case

Pada postingan kali ini , saya akan memberikan materi mengenai Business Use Case . berikut adalah penjelasan mengenai Business Use Case .


Pengertian Business Use Case

Business Use Case Model merupakan model yang menggambarkan proses bisnis dari sebuah bisnis atau organisasi dan interaksi proses tersebut dengan pihak luar , seperti para customer dan partner . Proses bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dirancang untuk menghasilkan output tertentu bagi customer . Proses bisnis lebih menekankan pada bagaimana sebuah pekerjaan dikerjakan dalam sebuah organisasi berfokus pada produk yang dihasilkan proses tersebut.

Business Use Case Model diperlukan untuk memperjelas konteks bisnis dari perangkat lunak yang akan dibuat , bersifat opsional . Business Use case Model diilustrasikan dalam satu atau beberapa business use case diagram . Business Use case diagram digunakan untuk menyajikan fungsi yang disediakan oleh keseluruhan organisasi . Diagram ini menjawab pertanyaan "Apa yang bisnis dilakukan dan mengapa harus membangun sistem" . Diagram ini digunakan selama pemodelan aktifitas bisnis berlangsung dan mengatur konteks sistem untuk membentuk pondasi dalam pembentukan use case diagram . 

Business use case diagram adalah penggambaran tujuan suatu organisasi . Diagram ini tidak membedakan antara proses manual atau proses komputerisasi . Rational Rose menyediakan stereotype tertentu untuk model elemen berbeda dalam business use case . Stereotype menunjukkan sub klasifikasi dari model elemen. 

Simbol Business Use Case

Business Actor menggambarkan peranan (Oleh seseorang / sekelompok orang / sistem / perusahaan lain ) di luar organisasi yang berinteraksi atau terlibat dengan proses bisnis organisasi
Business Actor

Business Actor

Business Actor menggambarkan peranan (Oleh seseorang / sekelompok orang / sistem / perusahaan lain ) di luar organisasi yang berinteraksi atau terlibat dengan proses bisnis organisasi . misalnya : Customer , Creditor , Investor , Supplier , dan sebaganya . Tujuannya adalah mengetahui siapa saja peranan di luar organisasi yang terlibat dengan proses bisnis organisasi dan bagaimana mereka berinteraksi dengan proses bisnis tersebut.

Business Use case merupakan urutan tindakan yang dimainkan suatu bisnis yang menghasilkan sebuah nilai yang dapat dilihat
Business Use Case

Business Use Case

Business Use case merupakan urutan tindakan yang dimainkan suatu bisnis yang menghasilkan sebuah nilai yang dapat dilihat dan ditunjukan untuk suatu business actor tertentu . Satu business use case mewakili satu proses bisnis . penulisannya yaitu fase yang diawali dengan kata kerja . misal : menyediakan produk , menjual produk , dan sebagainya . Tujutannya mengetahui apa saja yang dilakukan atau dikerjakan oleh organisasi (apa saja yang terjadi di organisasi).

Business Worker menggambarkan peranan (oleh seseorang / sekelompok orang / sistem) di dalam organisasi yang berinteraksi atau terlibat di dalam proses bisnis organisasi
Business Worker

Business Worker

Business Worker menggambarkan peranan (oleh seseorang / sekelompok orang / sistem) di dalam organisasi yang berinteraksi atau terlibat di dalam proses bisnis organisasi . misalnya : karyawan , manager , sales , dan sebagainya . Tujuannya adalah mengetahui siapa saja peranan dalam organisasi yang terlibat di dalam proses bisnis organisasi dan bagaimana mereka berinteraksi dengan proses bisnis tersebut.


Contoh Business Use Case

berikut ini merupakan contoh gambar dari Business Use Case.

contoh business use case

Untuk penjelasan mengenai macam - macam relasi Business Use Case dapat kalian baca postingannya di sini (Macam - Macam Relasi Business Use Case).


Sekian postingan mengenai Business Use Case kali ini . semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment