Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning merupakan materi yang dipelajari pada mata kuliah Aplikasi Enterprise di Jurusan Teknik Informatika UNPAS Bandung . Pada kali ini , saya akan membahas mengenai Enterprise Resource Planning atau disingkat dengan ERP ini. berikut adalah penjelasannya.


Pengertian Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning (ERP) menurut O'Brien , J.A., & Marakas, G. M. (2010:272) adalah sistem perusahaan yang meliputi semua fungsi yang terdapat di dalam perusahaan yang didorong oleh beberapa modul software yang terintegrasi untuk mendukung proses bisnis internal perusahaan


Enterprise Resource Planning (ERP) menurut O'Brien , J.A., & Marakas, G. M. (2010:272) adalah sistem perusahaan yang meliputi semua fungsi yang terdapat di dalam perusahaan yang didorong oleh beberapa modul software yang terintegrasi untuk mendukung proses bisnis internal perusahaan . Sebagai contoh , software ERP untuk perusahaan manufaktur umumnya dimulai dari memproses data yang masuk , melacak status dari penjualan , inventory , pengiriman barang dan penagihan barang , serta memperkirakan bahan baku dan kebutuhan sumber daya manusia , sehingga menurut O'Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010:272) terdapat 5 komponen utama dari sistem ERP . Berikut adalah gambar dari 5 komponen tersebut :

Komponen Utama dari Sistem ERP Menurut O'Brien & Marakas (2010:272)


Enterprise Resource Planning (ERP) menurut James A. Hall (2011:31) adalah suatu model sistem informasi yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnis utamanya . Enterprise Resource Planning menurut Turban , Rainer , dan Potter (2007:10) dirancang dan didesain untuk menyelesaikan masalah dalam area fungsional sistem informasi dengan mengintegrasikan area fugnsional melalui database.

Berdasarkan definisi - definisi di atas , maka dapat disimpulkan bahwa Enterprise Resource Planning adalah konsep Sistem Informasi yang mengintegrasikan setiap modul , sehingga dapat mendukung proses bisnis utama perusahaan.


Sejarah Perkembangan Enterprise Resource Planning (ERP)

Sejarah perkembangan Enterprise Resource Planning (ERP) menurut Leon (2008: 18-20) dibagi menjadi empat tahap , yaitu :

1 . Material Requirement Planning (MRP)

Material Requirement Planning merupakan hasil pengolahan atau pemrosesan dari Bill of Material (BOM) yang dimulai pada tahun 1960an dan mulai terkenal pada tahun 1970an . Saat itu , orang yang bekerja pada manufaktur dan perencanaan produksi sedang mencari metode yang lebih baik dan lebih efisien untuk memesan bahan baku dan menemukan MRP sebagai solusi sempurna untuk kebutuhan manufaktur dan perencanaan produksi karena mampu memecahkan masalah - masalah utama yang ada.

2 . Closed - loop MRP

Sistem MRP berubah menjadi sesuatu sistem yang lebih baik dari hanya sekedar cara untuk memesan . Sistem MRP dapat mengelola tanggal jatuh tempo dari pemesanan dan dapat mendeteksi serta memberikan peringatan ketika suatu barang tidak diteruma pada saat tanggal jatuh tempo . Terdapat beberapa tools yang dikembangkan untuk mendukung perencanaan penjualan dan produksi , pengembangan jadwal produksi , peramalan , perencanaan kapasitas dan pemrosesan pemesanan . Pengembangan tersebut menghasilkan closed-loop MRP , dimana sistem tidak hanya sekedar untuk perencanaan kebutuhan material , tetapi juga dapat untuk mengotomatisasi proses produksi.

3 . Manufacturing Resource Planning II (MRP II)

Tahap ketiga perkembangan dari ERP disebut dengan MRP II yang merupakan metode untuk perencanaan yang efektif dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan manufaktur . MRP II terbentuk dari kumpulan berbagai fungsi yang saling terhubung , fungsi - fungsi tersebut adalah perencanaan bisnis , oerencanaan operasional dan penjualan , manajemen permintaan , perencanaan produksi , master schedulling , perencanaan kebutuhan material , perencanaan kebutuhan kapasitas , serta pelaksanaan sistem pendukung untuk kapasitas dan material .Hasil dari sistem tersebut akan terintegrasi dengan laporan keuangan seperti perencanaan bisnis , laporan pembelian , biaya pengiriman , proyeksi inventory dan sebagainya

4 . Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP merupakan tahap terakhir dari perkembangan ERP , dimana konsep dasar ERP sama dengan konsep MRP II . Perusahaan software menciptakan ERP dengan sekumpulan proses bisnis yang luas dalam hal ruang lingkup dan memiliki kemampuan untuk menangani beberapa fungsi bisnis tambahan serta integrasi yang baik dan kuat dengan fungsi finansial dan akuntansi . ERP juga mampu mengintegrasikan tools lain seperti CRM (Customer Relationship Management) , SCM (Supply Chain Management) dan sebagainya . Selain itu , ERP juga dapat mendukung proses bisnis yang melibatkan pihak luar perusahaan.


Manfaat Enterprise Resource Planning (ERP)




Menurut O'Brien ,J.A., & Marakas, G. M. (2010:273), Sistem ERP memberikan nilai bisnis yang signifikan bagi perusahaan . Nilai bisnis tersebut yaitu :

  • Kualitas dan efisiensi . ERP menciptakan kerangka kerja untuk mengintegrasikan dan meningkatkan proses bisnis internal perusahaan yang memberikan peningkatan secara signifikan bagi perusahaan . Contohnya dalam segi kualitas dan efisiensi dari pelayanan pelanggan , produksi dan distribusi.
  • Mengurangi biaya . Banyak perusahaan yang melaporkan bahwa adanya penurunan yang signifikan dalam transaksi pengolahan biaya , hardware , software dan staf IT support.
  • Pengambilan keputusan . Sistem ERP dapat dengan cepat memberikan laporan / informasi penting dalam kinerja bisnis kepada manajer , sehingga dapat meningkatkan kemampuan manajer dalam membuat keputusan yang baik dan tepat di dalam perusahaan.
  • Enterprise agility . Memberikan fleksibilitas pada struktur organisasi , tanggung jawab manajerial dan peran kerja , sehingga perusahaan dapat lebih mudah dalam memanfaatkan peluang bisnis yang baru.

Software Simulasi Enterprise Resource Planning (ERP)

MoonsonSIM Academy merupakan sebuah Aplikasi simulasi yang digunakan untuk mengenal serta mempelajari konsep enterprise

MoonsonSIM Academy merupakan sebuah Aplikasi simulasi yang digunakan untuk mengenal serta mempelajari konsep enterprise . MoonsonSIM Academy ini merupakan tools pendukung yang digunakan untuk materi praktikum pada mata kuliah Aplikasi Enterprise di Jurusan Teknik Informatika UNPAS Bandung . berikut adalah contoh gambar atau tampilan dari Simulasi ERP menggunakan aplikasi MoonsonSIM ini.


Contoh Tampilan MoonsonSIM Academy


Sekian pembahasan mengenai Enterprise Resource Planning yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika UNPAS Bandung ini . Semoga bermanfaat

Materi mengenai Pengertian Manajemen dapat kalian baca Klik Disini (Pengertian Manajemen)
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Widya
admin
June 14, 2022 at 10:18 AM ×

Terimakasih infonya, saya jadi lebih mengerti kalau ERP ternyata sangat penting bagi perusahaan untuk mengotomatisasi proses bisnis

Congrats bro Widya you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment