Pengertian Manajemen

Materi Pengertian Manajemen ini merupakan materi utama yang ada di Mata Kuliah Manajemen dan Sistem Informasi yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika UNPAS Bandung . Berikut adalah penjelasan mengenai Pengertian Manajemen.


Pengertian Manajemen


Secara etimologis , kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno , yaitu menagement , yang berarti seni melaksanakan dan mengatur


Secara etimologis , kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno , yaitu menagement , yang berarti seni melaksanakan dan mengatur . Sedangkan secara terminologis para pakar mendefinisikan manajemen secara beragam , diantaranya :


Follet yang dikutip oleh Wijayanti (2008:1) mengartikan manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
Mary Parker Follet

  • Follet yang dikutip oleh Wijayanti (2008:1) mengartikan manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain .
  • Menurut Stoner yang dikutip oleh Wijayanti (2008:1) manajemen adalah proses perencanaan , pengorganisasian , pengarahan , dan pengawasan usaha - usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya - sumber daya manusia organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  • Gulick dalam Wijayanti (2008:1) mendefinisikan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuian (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.
  • Schein (2008:2) memberi definisi manajemen sebagai profesi . Menurutnya manajemen merupakan suatu profesi yang dituntut untuk bekerja secara profesional , karakteristiknya adalah para profesional membuat keputusan berdasarkan prinsip-prinsip umum , para profesional mendapatkan status mereka karena mereka mencapai standar prestasi kerja tertentu dan para profesional harus ditentukan suatu kode etik yang kuat.
  • Terry (2005:1) memberi pengertian manajemen yaitu suatu proses atau kerangka kerja , yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata . Hal tersebut meliputi pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan , menetapkan cara bagaimana melakukannya , memahami bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari usaha-usaha yang telah dilakukan.

Dari beberapa definisi tersebut yang diatas , dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perncanaan (planning) , pengorganisasian (organizing) , pelaksanaan (actuating) dan pengawasan . Manajemen merupakan sebuah kegiatan . Pelaksanaannya disebut managing . dan orang yang melakukannya disebut sebagai manager.


Unsur - Unsur Manajemen

Manajemen dibutuhkan setidaknya untuk mencapai suatu tujuan , menjaga keseimbangan diantara tujuan - yang saling bertentangan dan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas . Manajemen terdiri dari beberapa unsur , yakni man , money , method , machine , market , material dan information
Unsur - Unsur Manajemen

Manajemen dibutuhkan setidaknya untuk mencapai suatu tujuan , menjaga keseimbangan diantara tujuan - yang saling bertentangan dan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas . Manajemen terdiri dari beberapa unsur , yakni man , money , method , machine , market , material dan information.

  1. Man . Yaitu Sumber Daya Manusia.
  2. Money . Yaitu uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
  3. Method . Yaitu cara atau sistem untuk mencapai tujuan.
  4. Machine . Yaitu Mesin atau alat untuk berproduksi.
  5. Material . Yaitu Bahan-bahan yang diperlukan dalam kegiatan.
  6. Market. Yaitu pasaran atau tempat untuk melemparkan hasil produksi.
  7. Information . Yaitu hal- hal yang dapat membantu untuk mencapai suatu tujuan.

Cukup Sekian penjelasan materi Pengertian Manajemen yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika UNPAS ini . Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment