Storyboard

Storyboard merupakan salah satu bagian materi dari mata kuliah Sistem Multimedia yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika UNPAS Bandung . Simak penjelasan materi mengenai Storyboard dibawah ini .


Storyboard merupakan bentuk visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun , sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan

Pengertian Storyboard

Storyboard adalah bentuk visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun , sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan . Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek , ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene , karena storyboard merupakan breakdown dari ide aplikasi menjadi scene - scene yang akan membangun aplikasi tersebut.

Stroyboard harus bisa memberikan gambaran yang cukup detail , sehingga dapat memberikan bayangan adegan - adegan yang akan terjadi dari setiap scene yang dibuat , karena storyboard inilah yang akan menjadi acuan untuk bagian produksi dalam membangun aplikasi.


Faktor yang Harus Dipersiapkan sebelum Pembangunan Storyboard

Berikut adalah 3 faktor yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pembangunan Storyboard . Yaitu :

1 . Script

Penjabaran ide dari aplikasi yang akan dibangun . Melengkapi script dengan baik dapat mempermudah proses pembuatan storyboard , artinya sebelum pembuatan storyboard , script harus sudah lengkap untuk keseluruhan cerita dari aplikasi yang akan dibuat . Sebaliknya , keuntungan dari pembuatan storyboard memungkinkan kita untuk melengkapi script yang mungkin tanpa kita sadari ada adegan yang terlewatkan yang perlu dimasukkan ke dalam alur cerita yang akan dibuat , atau untuk memodifikasi transisi antar adegan.

2 . Structure

Pecahlah script menjadi komponen - komponen yang lebih kecil . sehingga akan dihasilkan struktur yang lebih mudah diatur dalam pembangunan storyboard.

3 . Delivery

Tentukan jenis media yang akan digunakan untuk memainkan produk yang akan dihasilkan , karena ukuran dan dimensi dari produk yang akan dihasilkan akan mempengaruhi penentuan komposisi dari scene yang akan dibangun pada storyboard


Langkah - Langkah Pembuatan Storyboard

Langkah - langkah pembuatan storyboard adalah sebagai berikut :

  1. Menganalisis dan memecah Script , sehingga diperoleh scene - scene yang dibutuhkan untuk membangun produk yang dikehendaki , kemudian menyusunnya menjadi rangkaian scene.
  2. Mengevaluasi scene yang dihasilkan pada langkah 1 , sehingga dapat ditentukan scene - scene yang akan digunakan untuk menyampaikan maksud dari aplikasi yang akan dibuat , kemudian mendeskripsikan elemen - elemen penting dari setiap scene yang akan dibangun , meliputi karakter atau objek yang ada pada setiap scene dan posisinya , menjaga kontinyuitas antar scene , angel kamera dan pergerakannya , arah pergerakan dari karakter atau objek-objek yang ada dalam setiap scene tersebut , jenis pencahayaan yang diperlukan dari setiap scene , kesan yang ingin diciptakan , efek - efek yang dibutuhkan untuk memberikan kesan yang ingin diciptakan , dan dialog atau narasi yang akan diintegrasikan dalam scene tersebut.
  3. Membuat pengkodean untuk setiap scene yang akan digunakan sebagai kode untuk menetapkan keterututan dari scene - scene tersebut ketika aplikasi akan ditampilkan.
Storyboard biasanya dibuat dalam bentuk gambar tangan , namun seiring berkembangnya teknologi , sekarang sudah ada tools yang khusus dibangun untuk membuat storyboard secara digital  , seperti Storyboard pro yang dipublikasikan oleh Toon Boom Animation Inc., pada bulan Maret 2007 . berikut adalah contoh - contoh dari storyboard yang telah dibuat menggunakan Storyboard Pro.
Storyboard Pro , Merupakan Tools yang Digunakan untuk Membuat Storyboard

Digital Storyboard

Storyboard biasanya dibuat dalam bentuk gambar tangan , namun seiring berkembangnya teknologi , sekarang sudah ada tools yang khusus dibangun untuk membuat storyboard secara digital  , seperti Storyboard pro yang dipublikasikan oleh Toon Boom Animation Inc., pada bulan Maret 2007 . berikut adalah contoh - contoh dari storyboard yang telah dibuat dan diajarkan di praktikum Sistem Multimedia Jurusan Teknik Informatika UNPAS menggunakan Storyboard Pro.






cukup sekian penjelasan Storyboard yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika UNPAS ini . Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment