Macam - Macam Relasi Business Use Case Diagram



Sebelumnya saya telah membahas mengenai penjelasan dari Business Use Case Diagram . Pada kali ini , saya akan membahas materi mengenai Macam - macam Relasi Business Use Case Diagram . berikut adalah macam - macam Relasi Business Use Case Diagram :

Relasi Asosiasi

Merupakan relasi antara Business Actor atau Business Worker dengan Business Use Case . Maksudnya Business Actor atau Business Worker terlibat dalam Business Use Case lalu peranan apa saja yang berkaitan dengan fungsi bisnis . contohnya adalah studi kasus pada pembeli tiket pada gambar di bawah ini.

Merupakan relasi antara Business Actor atau Business Worker dengan Business Use Case . Maksudnya Business Actor atau Business Worker terlibat dalam Business Use Case lalu peranan apa saja yang berkaitan dengan fungsi bisnis
Contoh Relasi Asosiasi

Keterangan : 

Arah panah mengindikasikan siapa yang mengawali aktifitas (inisialisasi) . Pada contoh diatas pelanggan memulai aktifitas dalam kegiatan "membeli tiket" . kegiatan "membeli tiket" menginisasi petugas (petugas terlibat dalam kegiatan tersebut , tetapi bukan yang memulai)


Relasi Generalisasi

Relasi pewarisan struktur antara komponen - komponen pemodelan (sesama business actor / worker atau sesama business use case) .

Relasi pewarisan struktur antara komponen - komponen pemodelan (sesama business actor / worker atau sesama business use case) .
Contoh Relasi Generalisasi


Keterangan : 

Arah panah menunjuk dari komponen khusus ke komponen umum . pada contoh disamping ada 2 kelompok anggota perpustakaan , yaitu anggota dari kalangan mahasiswa dan anggota dari kalangan dosen . kedua kelompok ini memiliki kesamaan sebagai anggota perpustakaan , tetapi ada masing - masing memiliki beberapa (tidak semua) perbedaan tanggung jawab .


Relasi Include

yaitu relasi mandatory antar Business Use Case.
  • Satu BUC menggunakan fungsionalitas dari BUC lainnya.
  • Jika suatu BUC dilakukan , maka BUC lain juga akan dilakukan (selalu memicu dilakukannya BUC lainnya).
  • Suatu BUC tergantung pada BUC lain maksudnya akan dilakukan jika BUC lain juga dilakukan . Ketergantungan BUC bisa dihilangkan jika ada relasi Asosiasi dan Business Actor / Worker.

Relasi Include yaitu relasi mandatory antar Business Use Case.
Contoh Relasi Include

Keterangan :

Arah Panah menunjuk dari BUC yang me-include ke BUC yang di include . BUC yang me-include disebut Base Business Use Case , dan BUC yang di-include disebut Inclusion Business Use Case . Contoh : BUC "Memesan Barang" me-include BUC "Membeli Barang". Ketika BUC "Memesan Barang" dilakukan , maka akan memicu terjadinya BUC "Membeli Barang . BUC "Membeli Barang" akan dilakukan jika BUC "Memesan Barang" dilakukan.


Relasi Extend

Relasi Extend merupakan relasi opsional antar Business Use Case . 
  • Satu BUC bisa (opsional) menggunakan fungsionalitas dari lainnya.
  • Jika suatu BUC dilakukan , maka BUC lain bisa juga dilakukan (bisa memicu dilakukannya BUC lainnya) tetapi juga bisa tidak dilakukan.
  • Suatu BUC tergantung pada BUC lain . hanya akan di lakukan jika BUC lain dilakukan . ketergantungan BUC bisa dihilangkan jika ada relasi asosiasi dari Business Actor / Worker.
Relasi Extend merupakan relasi opsional antar Business Use Case
Contoh Relasi Extend


Keterangan :

arah panah menunjuk dari BUC yang di-extend ke BUC yang me-extend . BUC yang me-extend disebut Base Business Use Case dan BUC yang di-extend disebut Extension Business Use Case. contoh : BUC "Memesan Barang" me-extend BUC "Membeli Barang" . Ketika BUC "Memesan Barang" bisa dilakukan atau tidak . BUC "membeli barang" akan dilakukan jika BUC "Memesan Barang "dilakukan.


Sekian postingan mengenai Macam - macam relasi pada Business Use Case Diagram kali ini . semoga bermanfaat

Previous
Next Post »
Thanks for your comment