Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Java

 
https://materikuliahif-unpas.blogspot.com



Pada kali ini , saya akan membahas mengenai apa itu Algoritma dan Pemrograman. Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman ini merupakan mata Kuliah yang paling penting yang ada di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung karena ini merupakan basic untuk menjadi seorang programmer. Mari kita bahas.

Pengertian Algoritma dan Pemrograman

Algoritma adalah merupakan suatu metode yang efektif untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis . Algoritma digunakan untuk perhitungan , pemrosesan data dan yang lainnya . Setiap algoritma merupakan sekumpulan daftar instruksi untuk menyelesaikan suatu tugas . Diawali dan diakhiri sesuai dengan tanda yang sudah didefinisikan.

Didalam sistem komputer , algoritma pada dasarnya merupakan logika yang diketikkan oleh pengembang perangkat lunak untuk mesin komputer tertentu , memerintahkan perangkat lunak di mesin tertentu untuk melakukan sesuatu.

Pemrograman atau mengcoding adalah proses menulis , testing , debugging dan perawatan source code program komputer . Source code ditulis didalam bahasa pemrograman . Source codenya bisa memodifikasi yang sudah ada atau menambahkan yang baru . Tujuan dari pemrograman adalah membuat program yang bisa melakukan sesuatu secara kustomisasi . Terdapat banyak bahasa pemrograman diantaranya Pascal , C , C++ , Java , dan lain - lain . Pada mata kuliah yang  diajarkan selama saya kuliah di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan , hanya berfokus pada bahasa Java karena sebagai salah satu bahasa pemrograman Berorientasi objek murni.

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystem yang dirilis pada tahun 1995 sebagai komponen utama platform java . Bahasa java ini merupakan bahasa pemrograman yang sama seperti pendahulunya yaitu c++. Bahasanya mengambil sintaks dari bahasa C dan C++ tetapi lebih memiliki model objek yang sederhana dan fasilitas low - level yang sedikir . Aplikasi Jaca mengkompile file ke java ke byte (file class) sehingga dapat berjalan di beberapa JVM tergantung dari arsitektur komputernya . Sun mengeluarkan java menjadi 3 versi , Java EE (Enterprise Edition) , Java ME (Micro Edition) dan Java SE ( Standard Edition).

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis obyek , maksudnya adalah semua aspek yang terdapat dalam java yaitu objek sehingga dapat memudahkan untuk melakukan desain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat . Kelebihan ini membuat program java menjadi mudah digunakan oleh banyak orang. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh banyak Sistem Operasi seperti : Microsoft Windows , Linux , Mac OS dan Sun Solaris (Multiplatform).

Kelebihan Java

  1. Berorientasi Objek , Semua data dan fungsi di dalam paradigrma ini dibungkus dalam kelas - kelas atau objek - objek . Pada pendekatan ini dapat memberi fleksibilitas yang lebih , kemudahan mengubah program dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar yang memerlukan pengembangan dan perawatan.
  2. Write Once Run Anywhere (WORA), sekali program Java dibuat , selanjutnya bisa digunakan untuk beberapa arsitektur komputer yang memiliki JVM
  3. Mirip c++ , mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++
  4. Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi.
  5. Mempunyai pengumpulan sampah otomatis

Kekurangan Java 

  1. Penggunaan Memori yang besar
  2. Mengharuskan pengguna mengkompile programnya sebelum dijalankan.

 Contoh Program dengan Bahasa Java


Sekian pembahasan kali ini , semoga artikelnya bermanfaat .

Pelajari selengkapnya mengenai Definisi dari Admob . Klik disini
Previous
Next Post »
Thanks for your comment