Definisi Internet Beserta Cara Kerjanya

Pada kali ini , saya akan memposting mengenai mata kuliah yang diajarkan pada mata kuliah Jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung , Yaitu mengenai Internet . berikut adalah penjelasannya .

Pengertian Internet


Menurut tata bahasa , internet berasal dari bahasa Yunani. "inter" yang berarti "antara". Menurut Wikipedia , internet merupakan singkatan dari interconnection - networking yang merupakan sistem jaringan yang menghubungkan tiap - tiap komputer secara global di seluruh penjuru dunia.Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda . Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan , digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP . TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik , sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dati suatu komputer ke komputer lainnya

Sejarah Internet

 

Sejarah dimulai pada Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachusetts Institute of Technology . Konsep awal dinamakan "Galactic Network" oleh Dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja.Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Proyek dari ARPANET adalah merancang sebuah bentuk jaringan , kehandalan dan seberapa besar informasi yang dapat dipindahkan , yang akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang kita kenal dengan istilah TCP / IP (Transmission Control / Internet Protocol).

Sejarah awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer . Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah - daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat , yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute , University of California , Santa Barbara , University of Utah di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972 . Tidak lama kemudia proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung , sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua , yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non - militer seperti universitas - universitas . Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet , yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Cara Kerja Internet

Cara kerja Internet dimulai ketika kita menghubungkan komputer ke internet , kita tersambung ke server jenis khusus yang disediakan dan dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP).Tugas ISP ini adalah untuk menyediakan link antara browser dan memberikan akses ke server tujuan . Contoh ISP ini adalah smartfren , flexi ataupun Telkom.Fungsi modem yang anda gunakan akan membantu mengakses ISP ini . Server ISP menangani koneksi internet dari banyak browser dan mungkin ada ribuan orang lain yang terhubung ke server yang sama yang anda gunakan saat ini.

Server ISP menerima permintaan dari browser untuk melihat halaman web , memeriksa email dan berbagai aktivitas yang anda perintahkan lainnya . Tentu saja setiap server tidak dapat menampung semua informasi dari seluruh internet , sehingga untuk memberikan browser sesuai dengan request yang diminta tentu akan terhubung dengan server lain . server lain inilah yang kita namakan sebagai host server atau server yang secara spesifik menampung fileatau data yang dibutuhkan.

Host server menyediakan sebuah website atau kumpulan file untuk diakses melalui berbagai jenis web browser.Setiap situs web yang ada di dunia seperti blogging.co.id , facebook.com , youtube.com memiliki sebuah server host di suatu tempat yang memiliki akses IP Public sehingga dapat diakses oleh siapa saja . Cara kerja Internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web server tempat file diletakkan.

Proses cara kerja Internet sampai menampilkan halaman web Browser yang sesuai dengan permintaan dapat diurutkan dengan proses singkat di bawah ini.
  1. Mengetik alamat (URL) ke dalam "Address Bar" atau klik pada hyperlink
  2. Browser anda mengirimkan permintaan ke server ISP untuk meminta halaman
  3. Server ISP akan melihat ke database besar alamat internet dan menemukan host server yang tepat sesuai dengan alamat URL yang anda kirimkan kemudian mengirimkan ke server host bahwa ada permintaan untuk halaman URL tersebut.
  4. Host server mengirimkan halaman yang diminta ke server ISP
  5. ISP akan mengirimkan halaman ke browser dan anda dapat melihat tampilan pada layar browser

Keuntungan dan Kerugian Internet

  • Bidang Pendidikan

    Pemanfaatan Internet bagi bidang pendidikan saat ini bukanlah hal yang langka terjadi . Berbagai lembaga pendidikan kini telah bertransformasi ke media internet untuk memaksimalkan segala kemampuan yang mereka miliki

    • Keuntungan Internet

    1.  Dengan Internet , Kini seorang siswa bisa belajar melalui sistem pembelajaran jarak jauh . Bahkan seorang siswa masih bisa mengikuti berbagai mata pelajran yang telah diajarkan di sekolah meski sedang berada di luar negeri sekalipun misalnya.
    2. Semakin mudahnya seorang pelajar untuk bisa mencari berbagai program beasiswa yang diadakan diseluruh dunia melalui Internet
    3. Siswa mudah mencari bahan untuk mengembangkan ilmu mereka
    4. Seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah memberi tugas pelajaran melalui sebuah website.
    5. Lembaga pendidikan atau guru dapat dengan mudah memberikan pengumuman kepada siswanya melalui sarana Internet.

    •  Kerugian Internet 
     
    1. Banyak siswa yang menjiplak karya orang lain untuk diakui sebagai karyanya didepan pengajarnya.
    2. Sering disalahgunakan siswa untuk mengakses hal yang tak berhubungan dengan pendidikan , yang bisa membuat pelajaran terbengkalai . Seperti chattingan , game atau situs dewasa.
     
  •  Bidang Ekonomi

    Internet memang sarana komunikasi yang sangat efektif . Internet diketahui tak hanya bermanfaat untuk pendidikan , namun juga baik untuk ekonomi . Internet menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi secara online .

    • Keuntungan Internet
     
    1. Semakin mudahnya orang melakukan jual beli secara online
    2. Jual beli online ini ditunjang juga dengan berbagai kemudahan transaksi online secara singkat seperti yang dilakukan bank BCA sejak dulu , lewat klik BCA -  nya . Selain itu transaksi instan bisa juga dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.
    3. Dengan semakin tingginya transaksi online ini berarti semakin banyak lapangan kerja yang akan dibuka.
     
    • Kerugian Internet
     
    1. Maraknya penipuan seperti toko online palsu dan lainnya
    2. Maraknya kejahatan yang melibatkan kartu kredit . Maraknya pencurian data perusahaan oleh orang tak bertanggung jawab.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment