Apa itu Internet Of Things ?

Pada postingan kali ini , saya akan memberikan informasi mengenai mata kuliah pilihan yang saya ambil pada semester 6 di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung , yaitu Internet Of Things atau disingkat dengan IOT . Berikut adalah penjelasan mengenai Apa itu Internet Of Things ? .

Internet Of Things (IOT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia ataupun manusia ke komputer

Pengertian Internet Of Things

Menurut situs Wikipedia , Internet Of Things atau lebih dikenal dengan sebutan IOT , adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus dan adapun kemampuan seperti berbagi data , remote control dan lain sebagainya . Contoh benda yang ada dalam kehidupan sehari hari adalah bahan pangan , elektronik , koleksi , peralatan apa saja , termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal maupun global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif .

Jadi dapat dikatakan bahwa Internet Of Things (IOT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia ataupun manusia ke komputer. Internet Of Things (IOT) mulai diperkenalkan pada tahun 1999 yang saat itu disebutkan pertama kalinya dalam sebuah presentasi oleh Kevin Ashton , co-founder and executive director of the Auto-ID Center di MIT.  Internet Of Things ini sangat erat hubungannya dengan komunikasi machine to machine (M2M) pada bidang listrik , manufaktur , perminyakan dan gas.Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas . Contohnya yaitu smart label , smart meter , dan  smart grid sensor.


Google Glass merupakan teknologi yang dibuat dengan memanfaatkan metode Internet Of Things
Google Glass


Bukan hanya smartphone saja yang dapat terkoneksi dengan internet namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet . Contohnya dalam lingkungan sehari hari adalah mesin produksi , mobil , peralatan elektronik , benda yang dapat dikenakan manusia (wearables) dan termasuk benda nyata apa saja yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global menggunakan sensor dan aktuator yang tertanam. Beberapa contoh dari "wearables" yang mulai dipasarkan di dunia adalah : Google Glass , Google Nest , Nike Fit dan Samsung Smart Watch . Tidak hanya wearables , Samsung juga mulai merambah dan mengembangkan beberapa teknologi berbasis Internet Of Things di bidang consumer seperti Smart Air Conditioner , Smart TV , dan Smart Refrigerator . 

Berdasarkan prediksi perusahaan IT terkenal , Cisco , Pada tahun 2020 akan ada 50 milyar alat - alat yang terhubung dengan internet , termasuk 400 juta alat tersebut merupakan perangkat dalam kategori "Wearables".


Manfaat Internet Of Things Bagi Sektor Pertanian
Manfaat Internet Of Things Bagi Sektor Pertanian

Manfaat Internet Of Things

Beberapa macam implementasi Internet Of Things (IOT) adalah apa yang ada di dalam kehidupan sehari hari kita . Berikut merupakan manfaat Implentasi Internet Of Things dalam beberapa bidang , yaitu :
  1. Sektor Industri
  2. Sektor Energi
  3. Sektor Pembangunan
  4. Sektor Kesehatan
  5. Sektor Rumah Tangga
  6. Perdagangan
  7. Keamanan
  8. Teknologi
  9. Transportasi

Contoh Praktek Implementasi Internet Of Things

Berikut merupakan video mengenai praktek Implementasi Internet Of Things saya selama kuliah Internet Of Things di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung .




Cukup sekian postingan mengenai Internet Of Things kali ini , semoga bermanfaat.


Sumber : Wikipedia .com dan iot.co.id. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment