Pengertian Organisasi

Pada postingan kali ini , saya akan membahas mengenai pengertian organisasi . materi ini merupakan materi yang pernah diajarkan selama semester 3 dan semester 4 di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung . berikut adalah pembahasan mengenai pengertian organisasi.

Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang berada dalam suatu wadah yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama
Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang berada dalam suatu wadah yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama . Dalam ilmu - ilmu sosial , Organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu . Seperti Sosiologi , ekonomi , ilmu politik , psikologi dan manajemen . Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi , perilaku organisasi atau analisa organisasi . Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul , bekerja secara rasional dan sistematis , terencana , terorganisasi , terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya seperti ( uang , material , mesin , metode , lingkungan ) , sarana dan prasarana , data dan lain sebagainya yang digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan organisasi.


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Organisasi sering didefinisikan sebagai sekelompok orang yang bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan bersama . Walaupun definisi ini cukup populer karena mudah dipahami , banyak para ahli yang mengatakan bahwa definisi ini terlalu simpel / sederhana . Masih ada beberapa unsur - unsur penting yang seharusnya menjadi bagian dari esensi dasar organisasi , tetapi belum terungkap dalam definisi di atas . Definisi yang lebih komprehensif misalnya diberikan oleh Stephen F.Robbins sebagai berikut .


" Organisasi adalah unit sosial yang sengaja didirikan untuk jangka waktu yang lebih lama , beranggotakan dua orang atau lebih yang bekerja bersama - sama dan terkoordinasi , mempunyai pola kerja tertentu yang terstruktur serta didirikan untuk mencapai tujuan bersama atau satu set tujuan yang telah ditentukan sebelumnya "


Sejalan dengan definisi di atas , David Cherrington (1989) juga memberikan definisi organisasi yang kurang lebih sama sebagai berikut .


" Organisasi adalah sistem sosial yang mempunyai pola kerja yang teratur dan yang didirikan oleh manusia serta beranggotakan sekelompok manusia dalam rangka mencapai satu set tujuan tertentu "


Kedua definisi di atas pada dasarnya mempunya kesamaan , kecuali satu hal , yakni dalam kaitannya dengan tujuan yang ingin dicapai organisasi . Definisi yang diberikan Robbins masih terdapat istilah "tujuan bersama" sebagai tujuan organisasi . Yang dimaksudkan dengan tujuan bersama adalah adanya anggapan bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh masing - masing anggota organisasi tidak berbeda dengan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi itu sendiri . Anggapan ini didasarkan pada suatu asumsi bahwa tujuan didirikannya organisasi adalah para anggotanya bisa mencapat tujuan yang dikehendaki . Oleh karena itu , selama mereka masih mau bergabung dengan organisasi , itu berarti mereka mau saling membantu mencapai tujuan masing - masing . keinginan saling membantu mencapai tujuan itulah yang Stephens F.Robbins disebut sebagai tujuan bersama.

Stoner mengatakan bahwa Organisasi merupakan suatu pola hubungan - hubungan yang melalui mana orang - orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
Bpk. Stoner

Namun selain itu juga terdapat beberapa pengertian organisasi menurut para ahli lain seperti.
  1. Stoner mengatakan bahwa Organisasi merupakan suatu pola hubungan - hubungan yang melalui mana orang - orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi merupakan suatu bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I.Bernard berpendapat bahwa Organisasi adalah merupakan suatu sistem akticvitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  4. Prof Dr.Sondang P. Siagian mendefinisikan organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
  5. Drs.Malayu S.P Hasibuan mengatakan organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal , berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu . 
  6. Prof. Dr . Mr Pradjido Armosudito mengatakan bahwa Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisis yang bekerja sama secara tertentu untuk bersama sama mencapai tujuan tertentu.
  7. Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang yang disusun dalam sebuah kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi memiliki lima karakteristik , yaitu Unit/Entitas Sosial , Beranggotakan Minimal Dua Orang , Berpola kerja yang terstruktur , Mempunyai tujuan , Mempunyai identitas diri
Karakteristik Organisasi

Karakteristik Organisasi

Definisi di atas juga menegaskan bahwa secara umum , Organisasi memiliki lima karakteristik utama , yakni :

1 . Unit / Entitas Sosial

Sebagai entitas sosial , organisasi umunya didirikan untuk jangka waktu yang relatif lama , bisa berumur puluhan tahun atau ratusan tahun bahkan bisa mencapai waktu yang tidak terbatas . Keberadaan sebuah organisasi tidak terkait dengan masih ada / tidaknya pendiri organisasi tersebut . sekalipun para pendiri sudah tidak lagi terlibat dengan organisasi karena meninggal dunia atau karena alasan lain , hal itu tidak menyebabkan organisasi tersebut dengan sendirinya bubar . Contohnya perusahaan Matsushita Electric Industrial (MEI) . Sampai sekarang masih eksis meski pendirinya , Kenosuke Matsushita sudah lama meninggal dunia.

2 . Beranggotakan Minimal Dua Orang

Untuk dikatakan sebagai organisasi , seseorang tidak bisa bekerja sendirian , misalnya hanya dibatu mesin atau robot , tetapi harus melibatkan orang lain ( satu orang , dua orang , tiga orang atau lebih ) yang bekerja sama dalam satu ikatan baik dalam ikatan fisik , tempat kerja yang sama , maupun dalam satu jaringan kerja.

3 . Berpola Kerja yang Terstruktur

Prasyarat bahwa organisasi harus beranggotakan minimal dua orang menegaskan bahwa berkumpulnya dua orang atau lebih belum dikatakan sebagai organisasi manakala berkumpulnya dua orang atau lebih tersebut tidak terkoordinasi dan tidak mempunya pola kerja yang terstruktur . Sebagai contoh , ketika terjadi kebakaran biasanya para tetangga secara sukarela membantu memadamkan kebakaran tersebut , Ada di antara mereka yang mengambil air , menyelamatkan barang dari amukan api , menolong orang , menyiramkan air ke tempat yang terbakar atau ada sebagian orang yang hanya melihat kejadian tersebut . Berkumpulnya beberapa orang tetangga dalam kaitannya dengan upaya mereka untuk memadamkan kebakaran belum cukup untuk mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah organisasi , paling tidak karena mereka sekadar bekerja bersama - sama , bukan bekerja sama dengan pola yang terstruktur.

4 . Mempunyai Tujuan

Dalam hal ini , harus dipahami bahwa meski ada kerja sama di antara sekelompok orang dalam satu ikatan kerja , tidak bisa diinterpretasikan bahwa tujuan mereka sama. Ada tujuan masing - masing individu yang berbeda , tetapi kesediaan mereka berada dan bergabung dalam sebuah organisasi menunjukkan bahwa mereka mempunyai kesepakatan untuk saling membantu dalam mencapai satu set tujuan , baik dalam tujuan masing - masing maupun organisasi itu sendiri.

5 . Mempunyai Identitas Diri

Bukan berarti sebuah organisasi tidak mempunyai batasan dan identitas diri . Identitas diri sebuah organisasi secara formal misalnya bisa diketahui melalui akta pendirian organisasi tersebut yang menjelaskan siapa yang menjadi bagian dari organisasi dan siapa yang bukan , kegiatan apa yang dilakukan , bagaimana organisasi tersebut diatur , atau siapa yag mengaturnya .


Previous
Next Post »
Thanks for your comment