Alamat IP Versi 6

Sebelumnya saya telah memposting mengenai Alamat IP versi 4 . Dan Pada kali ini , saya akan memposting mengenai Alamat IP versi 6 (IPv6) yang diajarkan di mata kuliah Jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung.

Pada Alamat IP Versi 6 ini , panjang alamat terdiri dari 128 bit sedangkan pada Alamat IP versi 4 (IPv4) hanya 32 bit . Alamat IP versi 6 ini mampu menyediakan alamat sebanyak 2 pangkat 128 atau sekitar 3 x 10 pangkat 38 alamat.

Pengertian Alamat IP Versi 6 (IPv6)

Pada Alamat IP Versi 6 ini , panjang alamat terdiri dari 128 bit sedangkan pada Alamat IP versi 4 (IPv4) hanya 32 bit . Alamat IP versi 6 ini mampu menyediakan alamat sebanyak 2 pangkat 128 atau sekitar 3 x 10 pangkat 38 alamat.

Struktur Pengalamatan IP versi 6 (IPv6)

Notasi alamat IP versi 6 ini adalah sebagai berikut : X:X:X:X:X:X:X:X .Dalam bentuk biner ditulis sebagai berikut :



Agar lebih mudah diingat setiap simbol X digantikan dengan kombinasi 4 bilangan heksadesimal dipisahkan dengan simbol titik dua (:) . Untuk contoh diatas dapat ditulis sebagai berikut : FE78:2344:BE43:BCDA:4145:0:0:3A . sistem pengalamatan pada IP versi dapat disederhanakan jika terdapat berturut - turut beberapa angka 0 . Contohnya untuk notasi seperti diatas dapat ditulis sebagai berikut : FE78:2344:BE43:BCDA:4145:0:0:3A menjadi FE78:2344:BE43:BCDA:4145::3A .

Jenis - Jenis Pengalamatan IP versi 6 (IPv6)

IP versi 6 ini menyediakan 3 jenis pengalamatan , yaitu Unicast , Anycast dan Multicast. berikut adalah penjelasan mengenai 3 jenis pengalamatan pada IP versi 6 :

A . Unicast

Unicast yaitu alamat yang menunjuk pada sebuah alamat antarmuka atau host , digunakan untuk komunikasi satu lawan satu
Unicast

Unicast yaitu alamat yang menunjuk pada sebuah alamat antarmuka atau host , digunakan untuk komunikasi satu lawan satu . Unicast dibagi menjadi beberapa jenis , diantaranya :
  • Alamat link local adalah alamat yang digunakan di dalam satu link yaitu jaringan local yang saling tersambung dalam satu level.
  • Alamat site local setara dengan alamat privat , yang dipakai terbatas di dalam satu site sehingga terbatas penggunaannya hanya di dalam satu site sehingga tidak dapat digunakan untuk mengirimkan alamat diluar site ini.
  • Alamat global adalah alamat yang dipakai , misalnya untuk Internet Service Provider.

B . Anycast

Anycast adalah Alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya node yang berbeda) . Paket yang dikirimkan ke alamat ini akan dikirimkan ke salah satu alamant antarmuka yang paling dekat dengan router
Anycast

Anycast adalah Alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya node yang berbeda) . Paket yang dikirimkan ke alamat ini akan dikirimkan ke salah satu alamant antarmuka yang paling dekat dengan router . Alamat Anycast tidak mempunyai alokasi khusus , karena jika beberapa node/interface diberikan prefix yang sama maka alamat tersebut sudah merupakan alamat Anycast.

C . Multicast

Multicast adalah Alamat menunjukkan beberapa interface (biasanya untuk node yang berbeda) . Paket yang dikirimkan ke alamat ini maka akan dikirimkan ke semua interface yang ditunjukkan oleh alamat ini
Multicast

Yang terakhir yaitu Multicast adalah Alamat menunjukkan beberapa interface (biasanya untuk node yang berbeda) . Paket yang dikirimkan ke alamat ini maka akan dikirimkan ke semua interface yang ditunjukkan oleh alamat ini . Alamat multicast ini didesain untuk menggantikan alamat broadcast pada IPv4 yang banyak menkonsumsi bandwidth.


Sekian postingan mengenai Alamat IP versi 6 ini , semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment