Pengertian Cloud Computing

Pada kali ini , saya akan memposting materi dari mata kuliah Sistem Operasi Lanjut , yaitu mengenai Cloud Computing . Berikut adalah materi mengenai Pengertian Cloud Computing yang diajarkan selama mata kuliah Sistem Operasi Lanjut di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung .


Cloud computing dapat didefinisikan sebagai layanan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan atau dapat diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing dapat didefinisikan sebagai layanan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan atau dapat diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet . Kata "Cloud" ini merujuk kepada simbol awan yang di dunia Teknologi Informasi digunakan untuk menggambarkan jaringan internet . Cloud computing mulai muncul pada akhir tahun 2007 an , dimana cloud computing tersebut digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari - hari ke Internet , bukan disimpan di komputer lokal lagi . Cloud computing merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture ) di jaringan internet .

Cloud computing saat ini sangat populer , selain dari perusahaan besar software seperti Microsoft dan Google , perusahaan lain juga bermunculan hanya untuk menyediakan layanan berbasis awan sebagai pengganti atau penyempurnaan aplikasi PC seperti Zoho.com yang merupakan sebuah situs yang ditujukan untuk catatan online . Teknologi komputasi dan teknik pemrograman baru atau teknik pengembangan berubah dengan cepat , tujuan dalam komputasi awan nampaknya akan membuat teknologi menjadi sangat mudah dimata user dan menjadikannya sesederhana mungkin . Pengembangan berbasis internet sangat pesat saat ini dengan boomingnya blogging dan microblogging serta layanan jejaring sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru membantu individu dan bisnis untuk dapat berkomunikasi satu sama lain di arena komputasi awan.

Cloud computing adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan kita menyewa sumber daya teknologi informasi (software , processing power , storage dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkan sesuai kebutuhan kita dan membayar yang digunakan oleh kita saja . Dengan konsep ini . maka semakin banyak orang yang bisa memiliki akses dan memanfaatkan sumber daya tersebut , karena tidak harus melakukan investasi besar - besaran . Apalagi dalam kondisi ekonomi seperti sekarang , setiap organisasi akan berpikir panjang untuk mengeluarkan investasi tambahan di sisi IT . Terlebih hanya untuk mendapatkan layanan yang mungkin hanya dibutuhkan sewatu - waktu saja.

3 Jenis Layanan Cloud Computing


1 . Software As A Service (SaaS)

Software as a Service merupakan layanan Cloud computing yang paling populer . Software as a service ini merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider) . Sesuai namanya , SaaS memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat memanfaatkan sumber daya perangkat lunak . Sehingga pengguna tidak perlu melakukan pembelian lisensi . Dengan cara berlangganan via web , pengguna dapat langsung menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia layanan . 

Gmail merupakan contoh dari layanan SaaS
Gmail merupakan contoh dari layanan SaaS

Contoh dari beberapa layanan Sofware as a Service ini antara lain adalah :
  • Layanan Produktifitas : GoogleDocs , Adobe Creative Cloud
  • Layanan Email : Gmail , YahooMail  ,LiveMail
  • Layanan Jaringan Sosial : Facebook , Twitter 
  • Layanan Instant Messaging : YahooMessenger , Skype

2 . Platform As A Service (PaaS)

Platform as a Service merupakan layanan yang menyediakan tempat untuk menjalankan sebuah aplikasi dari user . Seperti juga layanan SaaS , pengguna PaaS tidak memiliki kendali terhadap sumber daya komputasi dasar seperti memori , media penyimpanan , processing power dan lain - lain . Contoh dari layanan Platform As A Service ini adalah Microsoft Azure dan Google AppEngine , yang menyediakan berbagai tools untuk mengembangkan aplikasi di atas platform Google dengan menggunakan bahasa pemrograman Phyton dan Django.

Microsoft Azure merupakan contoh dari layanan PaaS
Microsoft Azure merupakan contoh dari layanan PaaS

3 . Infrastructure As A Service (IaaS)

Infrastructure as a Service adalah sebuah layanan yang menyewakan sumberdaya informasi dasar atau yang menyediakan infrastruktur IT kepada user yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya yang meliputi media penyimpanan , processing power , memori , sistem operasi , kapasitas jaringan , dan lain lain . Penyewa tidak perlu tahu , dengan mesin apa dan bagaimana caranya penyedia layanan menyediakan layanan IaaS . Yang penting , permintaan mereka atas sumberdaya dasar teknologi informasi itu dapat terpenuhi . 

Amazon EC2 Merupakan contoh dari layanan IaaS
Amazon EC2 Merupakan contoh dari layanan IaaS

Salah satu contohnya dalam penyediaan IaaS ini adalah Rackspace cloud dan Amazon . Amazon meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Computing Cloud) . Layanan tersebut menyediakan berbagai pilihan mulai dari sewa CPU , penyimpanan , dilengkapi dengan sistem operasi dan juga platform pengembangan aplikasi yang bisa disewa dengan perhitungan jam . 

Keuntungan Cloud Computing

Keuntungan dari penggunaan Cloud Computing adalah :
  1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya
  2. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah , karena sistem pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah
  3. menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping
  4. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikan sistem informasi yang kita bangun.
  5. Dengan Mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat.

Manfaat Cloud Computing

Sedangkan manfaat dari penggunaan cloud computing adalah :
  1. Mengurangi biaya teknologi . karena cloud computing dibayar bertahap , jadi dapat menghemat uang penyimpanan data.
  2. Meningkatkan kapasitas . penyimpanan data pada cloud computing lebih besar daripada komputer pribadi.
  3. Update Otomatis . Didalam Cloud computing kita tidak perlu khawatir dengan update server dan software , karena semua itu telah dilakukan secara otomatis
  4. Fleksibilitas lebih baik . Cloud Computing menawarkan fleksibilitas lebih baik dari sistem komputer sebelumnya.
  5. Mobilitas . Karyawan dapat mengakses informasi dimanapun mereka berada , mereka tidak perlu membuka komputer untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Sekian postingan mengenai Pengertian Cloud Computing kali ini , semoga bermanfaat .
Previous
Next Post »
Thanks for your comment