Virtualisasi

Pada kali ini , saya akan memposting sebuah materi kuliah pilihan yang saya ambil di semester 5 , yaitu Sistem Operasi Lanjut . di Mata Kuliah ini , saya diajarkan beberapa materi salah satunya ada materi mengenai Virtualisasi . Berikut ini merupakan materi mengenai Virtualisasi yang diajarkan selama semester 5 di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung .



Pengertian Virtualisasi

Virtualisasi merupakan teknologi yang memungkinkan pengalokasian resources / sumber daya IT secara dinamis atau Virtualisasi juga merupakan salah satu teknologi yang dapat membagi satu sever menjadi beberapa sistem operasi yang dapat berjalan secara bersamaan. Definisi menurut ilmu komputer , virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk simulasi dari sesuatu yang asalnya bersifat fisik , misalnya sistem operasi , perangkat penyimpanan data atau sumber daya jaringan . Ada dua jenis virtualiasi yaitu virtualisasi penuh dan virtualisasi paruh . Virtuasliasi penuh yaitu mensimulasikan secara lengkap hal-hal yang mendasari suatu perangkat , sedangkan virtualisasi paruh hanya mensimulasikan beberapa hal dari perangkat tersebut . Virtualisasi paruh lebih mudah dijalankan daripada virtualisasi penuh , namun virtualisasi paruh memiliki kekurangan dalam hal compability / kesesuaian .


Walaupun konsep virtualisasi ini sudah dikembangkan sejak akhir tahun 60an , namun kenyataan teknologi virtualisasi ini masih belum dikenal secara luas . Hal ini mungkin karena masyarakat IT khususnya di Indonesia sudah merasa puas dengan server yang mereka gunakan

Konsep Virtualisasi

Walaupun konsep virtualisasi ini sudah dikembangkan sejak akhir tahun 60an , namun kenyataan teknologi virtualisasi ini masih belum dikenal secara luas . Hal ini mungkin karena masyarakat IT khususnya di Indonesia sudah merasa puas dengan server yang mereka gunakan . Microsoft sendiri sejak tahun 2004 sudah mulai memperkenalkan Virtual PC dan Virtual Server atau disebut juga dengan VMWare . Walaupun konsep virtualisasi sangat berbeda dibandingkan dengan virtual PC ataupun Virtual Server . Virtualisasi sudah diperkenalkan sejak puluhan tahun yang lalu , dimana waktu itu kalangan industri masih memanfaatkan komputer mainframe di akhir tahun 60an.Ketika itu komputer masih memanfaatkan Punch Card dan juga IBM 360 mainframe.

Sejalan dengan berkembangnya teknologi , perubahan pun berlanjut dan komputer semakin ramping dan bukan lagi merupakan barang mewah yang hanya dimiliki oleh perusahaan atau orang tertentu saja . Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan semakin derasnya arus globalisasi , persaingan bisnis berbasis IT juga semakin ketat . Melihat kenyataan ini , raksasa Software dunia , Microsoft menghadirkan teknologi server yang mendukung virualisasi . Fitur canggih ini ada dalam Windows Server 2008 64bit yang kini sudah mulai banyak diimplementasikan . Konsep virtualisasi yang langsung terintegrasi dengan role server , yaitu Windows Server Virtualization atau lebih dikenal dengan Hyper-V . Hyper-V akan menjadi sebuah role dalam sistem operasi Window Server 2008 R2 dengan mengoptimalkan virtualisasi sistem operasi server . Seperti diketahui Hyper-V tersebut mendukung virtualisasi server baik untuk versi 64 bit.

Jenis Virtualisasi

  1. Network Virtualization : Seperti VLAN , Virtual IP (untuk clustering) , dan Multilink.
  2. Memory Virtualization : Pooling memory dari node-node di cluster
  3. Grid Computing : Yaitu sebuah sistem komputasi terdistribusi yang memungkinkan seluruh sumber daya (resource) dalam jaringan ,seperti pemrosesan , bandwith jaringan dan kapasitas media penyimpanan yang membentuk sebuah sistem tunggal secara virtual.
  4. Application Virtualization : Seperti Dosemu , Wine
  5. Storage Virtualization : Seperti RAID , LVM
  6. Platform Virtualization : Seperti Virtual Computer

Software Yang Populer digunakan Untuk Virtualisasi


VMWare dikenal sebagai pelopor dalam software virtualisasi . kata VMdari VMWare sendiri punya kepanjangan Virtual Machine . saat ini , Software desktop dapat berjalan pada Microsoft Windows , Linux , dan MacOS X
VMWare

1 . VMWare

VMWare dikenal sebagai pelopor dalam software virtualisasi . kata VMdari VMWare sendiri punya kepanjangan Virtual Machine . saat ini , Software desktop dapat berjalan pada Microsoft Windows , Linux , dan MacOS X . Sementara software enterprise VMWare yaitu VMWare ESX Server dapat dijalankan langsung pada server tanpa perlu adanya sistem operasi , secara umum , software VMWare ini dikategorikan menjadi tiga bagian . Yaitu software desktop , software server dan produk lainnya . untuk software desktop ada tiga macam yaitu VMWare Workstation yang dirilis pada tahun 1998 yang memungkinkan melakukan instalasi beberapa sistem operasi pada 32bit di PC yang sama . yang kedua dari software desktop VMWare adalah VMWare Fusion yang dikembangkan untuk komputer macintosh dengan processor intel . Dengan VMWare Fusion ini, memungkinkan untuk menjalankan Microsoft Windows , Linux , Netware dan Solaris sebagai virtual Machine bersamaan dengan Mac OS . Software desktop yang ketiga dari VMWare adalah VMWare Player yang merupakan software virtualisasi freeware dengan berbagai batasan . untuk software server , ,VMWare memasarkan 3 produk virtualisasi yang diperuntukkan bagi server , yaitu VMWare ESX , VMWare ESXi dan VMWare Server.


Microsoft Hyper-V atau lebih dikenal dengan Windows Server Virtualization  merupakan virtualisasi yang bersifat hypervisor-based untuk sistem 64 bit
Microsoft Hyper-V

2 . Microsoft Hyper - V

Microsoft Hyper-V atau lebih dikenal dengan Windows Server Virtualization  merupakan virtualisasi yang bersifat hypervisor-based untuk sistem 64 bit . Versi beta dari Hyper-V dipasarkan dengan edisi Windows Server 2008 dan versi finalnya dirilis tanggal 26 Juni 2008 . Microsoft menyatakan bahwa produk ini merupakan suatu usaha dari Microsoft untuk menyediakan sebuah sistem operasi terbaik yang mendukung teknologi virtualisasi.


Virtual Box merupakan software virtualiasasi yang mulanya dibuat oleh perusahaan software jerman , yaitu Innotex
Virtual Box

3 . Virtual Box

Virtual Box merupakan software virtualiasasi yang mulanya dibuat oleh perusahaan software jerman , yaitu Innotex . Saat ini , Virtual Box dikembangkan secara penuh oleh Sun xVM . Sistem operasi host wang didukung oleh Virtual Box adalah Linux , MAC OS X , OS/2 Warp , Windows XP atau vista , serta Solaris . Sedangkan untuk sistem operasi guest yang didukung termasuk DragonFlyBSD , FreeBSD , Linux , OpenBSD , OS/2 Warp , Windows dan Solaris . Versi terakhir dari virtual box ini dapat mendukung Windows 7 beta . Menurut survei di tahun 2007 yang diadakan oleh DesktopLinux.com , VirtualBox menduduki software virtualisasi terpopuler ke-3.




Sekian Postingan mengenai Virtualisasi kali ini . semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment