Pengertian Sistem Informasi

Pada kali ini , saya akan memposting materi kuliah yang diajarkan selama semester 5 lalu di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung yaitu mengenai Sistem Informasi . Namun sebelumnya bagi anda yang belum tahu mengenai pengertian sistem informasi , berikut merupakan Pengertian dari Sistem Informasi .



Konsep Dasar Sistem

Menurut Jerry FithGerald , Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur - prosedur yang saling berhubungan , serkumpul bersama - sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Secara umum , sistem merupakan kumpulan dari elemen - elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu

Memiliki Komponen . Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi , bekerja sama membentuk satu kesatuan .
Karakteristik Sistem

Karakteristik Sistem

  1. Memiliki Komponen . Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi , bekerja sama membentuk satu kesatuan . Komponen - komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian dari sistem . setiap subsistem memiliki sifat - sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan . Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut dengan supra sistem , misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem. Jika dipandang industri sebagai suatu sistem , maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem . demikian juga bila perusahaan dipandang sebagai suatu sistem , maka sistem akuntansi adalah subsistemnya.
  2. Batas sistem (boundary) . Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya . batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan . batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.
  3. Lingkungan Luar sistem (Environment) . Yaitu apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
  4. Penghubung sistem (Interface) . Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.
  5. Masukan sistem (Input) . Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem . Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input) . Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi . sedangkan Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan output . contohnya di dalam sistem komputer , program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
  6. Keluaran sistem (Output) . Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh sistem.
  7. Pengolah sistem (Process) . Yaitu bagian yang memproses masukan menjadi keluaran yang diinginkan.
  8. Sasaran sistem . Jika sistem tidak memiliki sasaran , maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

Pelaku Sistem

  1. Pemakai . Pada umumnya ada 3 jenis pemakai , yaitu operasional , pengawas dan eksekutif.
  2. Manajemen . Terdiri dari 3 jenis manajemen , yaitu manajemen pemakai yang bertugas menangani pemakaian dimana sistem baru diterapkan , manajemen sistem yang terlibat dalam pengembangan sistem itu sendiri dan manajemen umum yang terlibat dalam strategi perncanaan sistem dan sistem pendukung pengambilan keputusan.
  3. Pemeriksa . Ukuran dan kerumitan sistem yang dikerjakan dan bentuk alami organisasi dimana sistem tersebut diimplementasikan dapat menentukan kesimpulan perlu tidaknya pemeriksa . pemeriksa biasanya menentukan segala sesuatunya berdasarkan ukuran standar yang dikembangkan pada banya perusahaan sejenis.
  4. Penganalisa sistem . Seperti arkeolog yang berfungsi membantu mengembangkan dan membuka wawasan pemakai bagi kemungkinan - kemungkinan lain .
  5. Pendesain sistem . Pendesain sistem menerima hasil penganalisa sistem berupa kebutuhan pemakai yang tidak berorientasi pada teknologi tertentu , yang kemudian ditransformasikan ke desain arsitektur tingkat tinggi dan dapat diformulasikan oleh programmer .
  6. Programmer . Mengerjakan dalam bentuk program dari hasil desain yang telah diterima dari pendesain .
  7. Personel pengoperasian . Bertugas dan bertanggung jawab di pusat komputer misalnya jaringan, keamanan , software , hardware , pencetakan dan backup . pelaku ini mungkin tidak diperlukan bila sistem yang berjalan tidak besar dan tidak membutuhkan klasifikasi khusus untuk menjalankan sistem.

Konsep Dasar Informasi

Informasi merupakan data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta , suatu nilai yang bermanfaat . jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi atau dapat diartikan sebagai Input -> Proses -> Output . 

Informasi merupakan data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta , suatu nilai yang bermanfaat . jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi atau dapat diartikan sebagai Input -> Proses -> Output .
Konsep Dasar Informasi

Data merupakan raw material untuk suatu informasi . Perbedaan informasi dan data sangatlah relatif tergantung pada nilai gunanya bagi manajemen yang memerlukan . suatu informasi bagi level manajemen tertentu bisa menjadi data bagi manajemen level di atasnya atau sebaliknya

Kualitas informasi tergantung dari 3 hal yaitu informasi harus :
  1. Akurat , berarti informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak menyesatkan . Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.
  2. Tetap pada waktunya , berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat .
  3. Relevan , berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya . Relevansi informasi untuk tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Pengertian Sistem Informasi

Menurut Robert A.Leitch , sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian , mendukung operasi , bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang diperlukan .

Secara umum , Sistem informasi adalah suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengguna atau sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia - mesin , untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi , manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer , prosedur manual , model manajemen dan basis data .

Istilah dalam Sistem Informasi yaitu :
  1. Management Information System
  2. Information Processing System
  3. Information Decision System
  4. Information System
Seperti Perangkat keras komputer (Hardware). contohnya CPU , Penyimpanan , perangkat Input / Output , terminal untuk interaksi dan media komunikasi data.
Komponen Fisik Sistem Informasi

Komponen Fisik Sistem Informasi

  1. Perangkat keras komputer (Hardware). Seperti CPU , Penyimpanan , perangkat Input / Output , terminal untuk interaksi dan media komunikasi data.
  2. Perangkat lunak komputer (Software) . Seperti perangkat lunak sistem (sistem operasi dan utilitinya) , perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman) , perangkat lunak aplikasi (aplikasi akuntansi , dan lain - lain).
  3. Basis data . Penyimpanan data pada media penyimpanan komputer.
  4. Prosedur . Langkah - langkah penggunaan sistem.
  5. Personil untuk pengelolaan operasi (SDM) , Meliputi Clerical personel (untuk menangani transaksi dan pemrosesan data dan melakukan inquiry) , First level manager (untuk mengelola pemrosesan data didukung dengan perencanaan , penjadwalan , identifikasi situasi out-of-control dan pengambilan keputusan level menengah ke bawah , Staff Specialist (digunakan sebagai analisis untuk perencanaan dan pelaporan) , dan Management (untuk pembuatan laporan berkala , permintaan khusus , analisis khusus , laporan khusus , pendukung identifikasi masalah dan peluang).

Sekian postingan kali ini . semoga postingan ini bermanfaat
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
March 24, 2021 at 10:19 PM ×

Bagi saya sebagai mahasiswa SI. Artikel ini sangat membantu sekali.
Salam bersinergi...

Admin Blog INFO JURUSAN SISTEM INFORMASI

Congrats bro sisteminformasi.org you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment