UML

Pada postingan kali ini , saya akan memberikan informasi mengenai materi dari Rekayasa Perangkat Lunak yang diajarkan di Semester 3 lalu di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung . yaitu mengenai UML . Berikut merupakan penjelasan mengenai UML


UML adalah singkatan dari Unified Modelling Language yang merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk memvisualisasi , menspesifikasikan , membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis OO (Object Oriented)

Pengertian UML

UML adalah singkatan dari Unified Modelling Language yang merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk memvisualisasi , menspesifikasikan , membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis OO (Object Oriented) . UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemrograman visual saja , namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman seperti JAVA , C++ , Visual Basic atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object oriented database.

UML mulai diperkenalkan oleh Object Management Group , sebuah organisasi yang telah mengembangkan model , teknologi dan standar OOP sejak tahun 1980 an . Sekarang , UML sudah mulai banyak digunakan oleh para praktisi OOP (Object Oriented Programming). UML juga merupakan dasar bagi design tools berorientasi objek pada IBM . UML Dikembangkan sebagai suatu alat untuk melakukan analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch , Jim Rumbaugh dan Ivar Jacobson.

Sampai era tahun 1990 , puluhan metodologi permodelan berorientasi objek telah bermunculan di dunia . diantaranya adalah :
  • Metodologi booch ,
  • Metodologi coad ,
  • Metodologi OOSE ,
  • Metodologi OMT ,
  • Metodologi Shlaer - mellor ,
  • Metodologi wirfs - brock , dan sebagainya.
Masa itu terkenal dengan masa method war dalam pendesainan berorientasi objek . Masing - Masing metodologi membawa notasi sendiri - sendiri , yang mengakibatkan timbulnya masalah baru apabila kita bekerja sama dengan kelompok / perusahaan lain yang menggunakan metodologi yang berlainan.

Dimulai pada bulan Oktober 1994 , Booch , Rumbaugh dan Jacobson yang merupakan tiga tokoh yang boleh dikatakan metodologinya banyak digunakan mempelopori usaha untuk penyatuan metodologi pendesainan berorientasi objek . Pada tahun 1995 , dirilis draft pertama dari UML (versi 0.8) . Sejak tahun 1996 , pengembangan tersebut dikoordinasikan oleh Object Management Group (OMG).


Berikut adalah gambar dari Diagram - diagram dari UML
Diagram - Diagram UML

Diagram UML

Berdasarkan UML versi 2.0 tahun 2000 , terdapat 13 diagram yang disediakan UML , antara lain :

1 . Use Case Diagram

Diagram Use case menyajikan interaksi antara use case dan aktor dimana aktor dapat berupa orang , peralatan atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dibangun . Use case menggambarkan fungsionalitas sistem atau persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi sistem dari pandangan pemakai

2 . Activity Diagram

Activity Diagram menggambarkan berbagai alir aktifitas (work flow) dalam sistem yang sedang dirancang , bagaimana awal dari masing- masing alir aktifitas , decision yang mungkin terjadi dan bagaimana akhir dari aktifitas tersebut.

3 . Sequence Diagram

Sequence Diagram digunakan untuk menunjukkan aliran fungsionalitas dalam use case yang disusun berdasarkan urutan waktu.

4 . Communication Diagram

Communication Diagram menunjukkan informasi yang sama persis dengan diagram sequence , tetapi dalam bentuk dan tujuan yang berbeda . Sebagaimana diagram sequence , diagram kolaborasi digunakan untuk menampilkan aliran skenario tertentu di dalam use case.

5 . Class Diagram

Class Diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class , package dan objek beserta hubungan satu sama lain .

6 . State Machine Diagram

State Machine Diagram menggambarkan transisi dan perubahaan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima . Pada umumnya state machine diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram)

7 . Component Diagram

Component Diagram merepresentasikan semua atau sebagian arsitektur komponen sistem yang akan dibangun . Component Diagram merupakan gambaran tentang isi-isi dari sistem yang dibuat . Isi - isi sistem bisa berupa file library/.dll , file.exe dan sebagainya.

8 . Deployment Diagram

Deployment Diagram menunjukkan alokasi proses ke processor dalam desain fisik suatu sistem yang akan dibangun . sama seperti Component Diagram , Deployment Diagram juga merepresentasikan semua atau sebagian arsitektur komponen sistem yang akan dibangun.

9 . Composite Structure Diagram

Composite Structure Diagram merupakan jenis diagram struktur statis dalam Unified Modelling Language (UML) , yang menggambarkan struktur internal kelas dan kolaborasi

10 . Interaction Overview Diagram

Interaction Overview Diagram adalah pencangkokan secara bersama antara activity diagram dengan sequence diagram.

11 . Object Diagram

Object Diagram merupakan sebuah gambaran tentang objek - objek dalam sebuah sistem pada satu titik waktu . Karena lebih menonjolkan perintah - perintah 29 daripada class , object diagram lebih sering disebut sebagai sebuah diagram perint.

12 . Package Diagram

Memperlihatkan bagaimana elemen model diorganisasikan / dikelompokkan ke dalam packages . biasanya dipakai pada use case diagram atau class diagram.

13 . Timing Diagram

Timing Diagram adalah bentuk lain dari interaction diagram , dimana fokus utamanya lebih ke waktu . Timing diagram sangat berdaya guna dalam menunjukkan faktor pembatas waktu diantara perubahan state pada objek yang berbeda.


Ratioanl Rose merupakan salah satu tools UML yang digunakan untuk mendesain sistem software yang berkaitan dengan objek
Rational Rose

Tools Pembangun UML

Hingga saat ini , banyak sekali tools atau kakas pendesainan yang mendukung UML ,baik dalam tools komersial maupun opensource . beberapa diantaranya adalah :
  • Rational Rose
  • Visual Paradigma
  • Star UML
  • Together
  • Object Domain
  • JVision
  • Objecteering
  • MagicDraw
  • Visual Object Modeler


Sekian pembahasan mengenai UML ini . Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment