Pengertian Multimedia

Pada kali ini , saya akan memposting mengenai materi kuliah yang diajarkan selama semester 4 di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung , yaitu Sistem Multimedia . Berikut merupakan pembahasan kali ini mengenai Pengertian Multimedia .


Pengertian Multimedia

Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media . Multi artinya bisa lebih dari satu dan Media adalah sarana untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks , gambar , suara musik , animasi , dan lain - lain . Jika digabungkan kedua kata tersebut , maka dapat diartikan bahwa multimedia merupakan kombinasi berbagai sarana baik berupa teks , gambar , suara , animasi , maupun video untuk menampilkan serta mendistribusikan informasi dalam berbagai bentuk beralatan digital . Peralatan digital tersebut meliputi komputer , tablet , smartphone dan PDA.

Elemen Multimedia


Pada tahun 1993 melalui buku edisi pertama Multimedia : Making it Work , Tay Vaughan mengartikan multimedia sebagai kopmbinasi dari segala jenis teks , grafik , seni , suara , animasi dan video yang ditampilkan melalui komputer . Maka dapat disimpulkan bahwa elemen multimedia terdiri dari teks , suara , gambar , animasi dan video . Ketika dibuat sebuah struktur dari elemen teks , suara , gambar , animasi atau video yang saling terhubung dimana user dapat melakukan navigasi maka dapat disebut sebagai Hypermedia

Dari pengertian multimedia terlihat sederhana namun tidak mudah dalam proses pembuatannya . Tidak hanya tahu setiap elemen multimedia yang ada , tetapi bagaimana menyambungkan setiap elemen tersebut dan mengolah dengan teknologi komputer bukanlah hal yang mudah . Biasanya orang yang mengolah dan menggabungkan elemen multimedia menjadi sesuatu yang mempunyai arti disebut sebagai multimedia developer . biasanya para developer menggunakan authoring tools untuk membuat sebuah aplikasi multimedia atau memanipulasi elemen multimedia . Pekerjaan untuk membangun sebuah multimedia dengan software termasuk pesan atau materi yang ingin ditampilkan dalam komputer atau televisi dapat disebut multimedia project . Produk multimedia yang siap dikirimkan pada user atau disebarkan di internet disebut multimedia title.


Kategori Multimedia

Berdasarkan interaksi dengan user , multimedia dapat dibedakan menjadi 2 kategori , yaitu :
  • Noninteractive Multimedia . User tidak mempunyai kendali atas aliran informasi dari aplikasi multimedia dan tidak ada interaksi timbal balik dengan user . Contohnya film atau demo tutorial . User tidak berperan aktif , hanya mengikuti apa yang ditampilkan oleh aplikasi multimedia tersebut.
  • Interactive Multimedia . User berperan aktif dalam mengatur jalannya aplikasi atau arus informasi yang mau ditampilkan . Contohnya games.

Penggunaan Multimedia

Peranan Multimedia di Bidang Pendidikan adalah sebagai Media Pembelajaran bagi anak - anak
Peranan Multimedia di Bidang Pendidikan


Bidang Pendidikan

Multimedia sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan . Dapat dilihat untuk materi pengajaran pada anak - anak sudah banyak dibuat dalam bentuk permainan contohnya materi tentang matematika dibuat menjadi permainan yang menyenangkan sehingga anak - anak sangat mudah memahami materinya . Menurut Barbara Schroeder (2010) ada sejumlah alasan menggunakan multimedia dalam kelas pengajaran , yaitu diantaranya adalah pengajar dapat menarik perhatian pelajar , menjelaskan materi yang sulit dengan lebih mudah dipahami dan menyenangkan . 

Keuntungan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran yaitu :
  • Portability . Yaitu dapat belajar di mana saja . dengan peralatan komputer yang dimiliki seperti laptop atau smartphone , pelajar bisa membaca materi di mana saja , tidak tergantung pada tempat dan waktu.
  • Flexibility . Materi pembelajaran dapat langsung mensimulasikan dan pelajar juga dapat mencari tambahan pengetahuan secara online dan langsung didiskusikan dengan pengajar sehingga didapat pemahaman yang baru mengenai topik yang didiskusikan.
  • Individualized Learning . Berbagai macam sumber daya multimedia dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai tipe pembelajar . Tipe pembelajar secara visual dapat menggunakan video online , sedangkan pembelajar secara auditory dapat mendengar streaming audia . Dan apabila pelajar belum terlalu paham dapat memutar kembali video tutorial tentang materi yang dipelajari.
  • Collaboration and community building . dengan adanya jaringan sosial media memudahkan pelajar untuk saling berinteraksi dengan guru maupun teman - teman belajarnya , bahkan tidak hanya teman dari satu negara bahkan bisa berhubungan dengan teman dari negara lain . ada materi yang bagus dari negara lain dapat segera dibagikan pada teman - teman lain agar mendapatkan manfaat juga .
  • A Broader view of the world . dengan adanya sumber daya multimedia , pelajar dapat mudah mempelajari budaya dari Negara lain melalui gaya bahasa , tempat - tempat yang bisa dikunjungi serta ciri khas dari suatu negara . Hal ini menambah wawasan secara global dan memudahkan berinteraksi dengan teman dari budaya lain.

Peranan Multimedia di Bidang Bisnis


Bidang Bisnis

Betuk penerapan multimedia dalam bisnis dapat terdiri dari materi presentasi , training , demo . produk , iklan , digital catalog atau kios informasi . sebagai contoh nya adalah berkembang bisnis baru yaitu bisnis aksesoris yang terbuat dari karet gelang . produk ini berasal dari luar negeri namun dapat segera dibeli di indonesia maupun online .



Apabila hanya dilihat dari gambar , pengguna tidak mengetahui bagaimana cara membuat aksesoris gelang dari karet gelang ini . namun berkat dukungan multimedia , cara pembuatan berbagai macam aksesoris dapat dilihat pada youtube . Bahkan , anak berusia 8-10 tahun sudah bisa mengukuti tutorial yang ada pada youtube tersebut untuk membuat gelang dari karet gelang . dengan adanya bantuan multimedia ini meningkatkan penjualan karet gelang secara tidak langsung . semakin banyak yang tahu cara membuat aksesoris dari youtube , semakin membuat orang tertarik untuk membeli karet gelang ini . 

Bidang Hiburan

Pada bidang hiburan sudah banyak sekali peranan multimedia khususnya di bidang permainan , serta tontonan film bioskop . umunya di kalangan anak muda yang menyukai tontonan film bioskop . film - film yang sedang diputar di bioskop akan ditampilkan trailer  untuk menarik minat penonton . trailer ini dapat ditemukan pada website bioskop yang memutar film tersebut.

Peranan Multimedia di Tempat Umum


Di Tempat Umum

Multimedia di tempat umum biasanya dalam bentuk kios informasi . pada tempat umum seperti tempat perbelanjaan atau perbankan sering kali menyediakan kios informasi sehingga untuk situasi tertentu dapat langsung mencari informasi yang diinginkan tanpa menunggu bantuan dari petugas . di tempat hiburan seperti Dunia Fantasi juga memerlukan kios informasi seperti ini . dengan tampilan yang menarik pada kios informasi ini memudahkan pengunjung mencari informasi yang diinginkan .

Di Dunia Maya atau Internet

Dengan adanya multimedia di dunia internet , tampilan web mulai dinamis dan lebih menarik . pengguna dapat memainkan game secara online . dan dapat melihat berbagai macam video menarik di youtube . bahkan iklan di internet juga menggunakan multimedia untuk menarik perhatian pengguna . dan dengan adanya internet memudahkan pengguna untuk saling berbagi data seperti lagu , video , gambar . dan dalam pembelajaran online seperti e-learning yang menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran memungkinkan penyebaran materi pada semua pelajar di berbagai tempat
E-Learning

Tipe Aplikasi Multimedia

salah satunya adalah Presentasi
Tipe Aplikasi Multimedia
  1. Presentasi . Presentasi adalah serangkaian slide yang berurutan yang terdiri dari kombinasi elemen multimedia yang ada . umumnya presentasi dibuat dengan Microsoft Power Point . biasanya tipe presentasi digunakan pada saat pelajaran atau menjelaskan suatu produk bahkan di dalam rapat.
  2. Tutorial . merupakan salah satu bentuk pengajaran tentang suatu keahlian tertentu dengan menggunakan komputer . Biasanya digunakan dalam pendidikan maupun berkaitan dengan pelatihan atau pengajaran keahlian tertentu seperti tutorial perkalian , tutorial membuat website .
  3. Simulasi . tipe ini umumnya menggunakan komputer untuk melakukan hal seperti di dunia nyata . Bentuk simulasi juga umumnya digunakan untuk pelatihan atau sebagai informasi bagi pengguna . contohnya simulasi bagaimana menangani pertolongan pertama pada kecelakaan.
  4. Game . Merupakan tipe multimedia yang sangat populer . saat ini dimana - mana dapat dijumpai baik dalam perangkat mobile maupun play station , nintendo dan internet . game ini tidak hanya digunakan sebagi hiburan namun juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan . umumnya pendidikan untuk anak - anak . pembelajaran melalui game menarik perhatian anak - anak sehingga mudah dipahami . 
  5. Web Page . di dalam web page dapat terdiri dari tipe aplikasi multimedia lainnya. pengembang aplikasi multimedia dapat menambah tutorial , simulasi atau game ke dalam web page tersebut . melalui web page dapat melakukan navigasi dengan menggunakan hypermedia . pengguna dapat berpindah pindah ke elemen multimedia yang ada dengan hypermedia.


sekian postingan mengenai Pengertian Multimedia kali ini . semoga bermanfaat.



sumber : Yulyani Arifin , S.Kom . 2015 . "Digital Multimedia" . Jakarta.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment