Pada kali ini , saya akan memposting mengenai materi kuliah yang diajarkan selama semester 4 di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung , yaitu Sistem Multimedia . Berikut merupakan pembahasan kali ini mengenai Pengertian Multimedia .
Pengertian Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata yaitu multi dan media . Multi artinya bisa lebih dari satu dan Media adalah sarana untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks , gambar , suara musik , animasi , dan lain - lain . Jika digabungkan kedua kata tersebut , maka dapat diartikan bahwa multimedia merupakan kombinasi berbagai sarana baik berupa teks , gambar , suara , animasi , maupun video untuk menampilkan serta mendistribusikan informasi dalam berbagai bentuk beralatan digital . Peralatan digital tersebut meliputi komputer , tablet , smartphone dan PDA.
Elemen Multimedia |
Pada tahun 1993 melalui buku edisi pertama Multimedia : Making it Work , Tay Vaughan mengartikan multimedia sebagai kopmbinasi dari segala jenis teks , grafik , seni , suara , animasi dan video yang ditampilkan melalui komputer . Maka dapat disimpulkan bahwa elemen multimedia terdiri dari teks , suara , gambar , animasi dan video . Ketika dibuat sebuah struktur dari elemen teks , suara , gambar , animasi atau video yang saling terhubung dimana user dapat melakukan navigasi maka dapat disebut sebagai Hypermedia .
Dari pengertian multimedia terlihat sederhana namun tidak mudah dalam proses pembuatannya . Tidak hanya tahu setiap elemen multimedia yang ada , tetapi bagaimana menyambungkan setiap elemen tersebut dan mengolah dengan teknologi komputer bukanlah hal yang mudah . Biasanya orang yang mengolah dan menggabungkan elemen multimedia menjadi sesuatu yang mempunyai arti disebut sebagai multimedia developer . biasanya para developer menggunakan authoring tools untuk membuat sebuah aplikasi multimedia atau memanipulasi elemen multimedia . Pekerjaan untuk membangun sebuah multimedia dengan software termasuk pesan atau materi yang ingin ditampilkan dalam komputer atau televisi dapat disebut multimedia project . Produk multimedia yang siap dikirimkan pada user atau disebarkan di internet disebut multimedia title.
Kategori Multimedia
Berdasarkan interaksi dengan user , multimedia dapat dibedakan menjadi 2 kategori , yaitu :
- Noninteractive Multimedia . User tidak mempunyai kendali atas aliran informasi dari aplikasi multimedia dan tidak ada interaksi timbal balik dengan user . Contohnya film atau demo tutorial . User tidak berperan aktif , hanya mengikuti apa yang ditampilkan oleh aplikasi multimedia tersebut.
- Interactive Multimedia . User berperan aktif dalam mengatur jalannya aplikasi atau arus informasi yang mau ditampilkan . Contohnya games.
Penggunaan Multimedia
Peranan Multimedia di Bidang Pendidikan |
Bidang Pendidikan
Multimedia sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan . Dapat dilihat untuk materi pengajaran pada anak - anak sudah banyak dibuat dalam bentuk permainan contohnya materi tentang matematika dibuat menjadi permainan yang menyenangkan sehingga anak - anak sangat mudah memahami materinya . Menurut Barbara Schroeder (2010) ada sejumlah alasan menggunakan multimedia dalam kelas pengajaran , yaitu diantaranya adalah pengajar dapat menarik perhatian pelajar , menjelaskan materi yang sulit dengan lebih mudah dipahami dan menyenangkan .
Keuntungan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran yaitu :
- Portability . Yaitu dapat belajar di mana saja . dengan peralatan komputer yang dimiliki seperti laptop atau smartphone , pelajar bisa membaca materi di mana saja , tidak tergantung pada tempat dan waktu.
- Flexibility . Materi pembelajaran dapat langsung mensimulasikan dan pelajar juga dapat mencari tambahan pengetahuan secara online dan langsung didiskusikan dengan pengajar sehingga didapat pemahaman yang baru mengenai topik yang didiskusikan.
- Individualized Learning . Berbagai macam sumber daya multimedia dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai tipe pembelajar . Tipe pembelajar secara visual dapat menggunakan video online , sedangkan pembelajar secara auditory dapat mendengar streaming audia . Dan apabila pelajar belum terlalu paham dapat memutar kembali video tutorial tentang materi yang dipelajari.
- Collaboration and community building . dengan adanya jaringan sosial media memudahkan pelajar untuk saling berinteraksi dengan guru maupun teman - teman belajarnya , bahkan tidak hanya teman dari satu negara bahkan bisa berhubungan dengan teman dari negara lain . ada materi yang bagus dari negara lain dapat segera dibagikan pada teman - teman lain agar mendapatkan manfaat juga .
- A Broader view of the world . dengan adanya sumber daya multimedia , pelajar dapat mudah mempelajari budaya dari Negara lain melalui gaya bahasa , tempat - tempat yang bisa dikunjungi serta ciri khas dari suatu negara . Hal ini menambah wawasan secara global dan memudahkan berinteraksi dengan teman dari budaya lain.
Peranan Multimedia di Bidang Bisnis |
Bidang Bisnis
Betuk penerapan multimedia dalam bisnis dapat terdiri dari materi presentasi , training , demo . produk , iklan , digital catalog atau kios informasi . sebagai contoh nya adalah berkembang bisnis baru yaitu bisnis aksesoris yang terbuat dari karet gelang . produk ini berasal dari luar negeri namun dapat segera dibeli di indonesia maupun online .
Apabila hanya dilihat dari gambar , pengguna tidak mengetahui bagaimana cara membuat aksesoris gelang dari karet gelang ini . namun berkat dukungan multimedia , cara pembuatan berbagai macam aksesoris dapat dilihat pada youtube . Bahkan , anak berusia 8-10 tahun sudah bisa mengukuti tutorial yang ada pada youtube tersebut untuk membuat gelang dari karet gelang . dengan adanya bantuan multimedia ini meningkatkan penjualan karet gelang secara tidak langsung . semakin banyak yang tahu cara membuat aksesoris dari youtube , semakin membuat orang tertarik untuk membeli karet gelang ini .
Bidang Hiburan
Pada bidang hiburan sudah banyak sekali peranan multimedia khususnya di bidang permainan , serta tontonan film bioskop . umunya di kalangan anak muda yang menyukai tontonan film bioskop . film - film yang sedang diputar di bioskop akan ditampilkan trailer untuk menarik minat penonton . trailer ini dapat ditemukan pada website bioskop yang memutar film tersebut.
Peranan Multimedia di Tempat Umum |
Di Tempat Umum
Multimedia di tempat umum biasanya dalam bentuk kios informasi . pada tempat umum seperti tempat perbelanjaan atau perbankan sering kali menyediakan kios informasi sehingga untuk situasi tertentu dapat langsung mencari informasi yang diinginkan tanpa menunggu bantuan dari petugas . di tempat hiburan seperti Dunia Fantasi juga memerlukan kios informasi seperti ini . dengan tampilan yang menarik pada kios informasi ini memudahkan pengunjung mencari informasi yang diinginkan .
Di Dunia Maya atau Internet
Dengan adanya multimedia di dunia internet , tampilan web mulai dinamis dan lebih menarik . pengguna dapat memainkan game secara online . dan dapat melihat berbagai macam video menarik di youtube . bahkan iklan di internet juga menggunakan multimedia untuk menarik perhatian pengguna . dan dengan adanya internet memudahkan pengguna untuk saling berbagi data seperti lagu , video , gambar . dan dalam pembelajaran online seperti e-learning yang menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran memungkinkan penyebaran materi pada semua pelajar di berbagai tempat
![]() |
E-Learning |
Tipe Aplikasi Multimedia
![]() |
Tipe Aplikasi Multimedia |
- Presentasi . Presentasi adalah serangkaian slide yang berurutan yang terdiri dari kombinasi elemen multimedia yang ada . umumnya presentasi dibuat dengan Microsoft Power Point . biasanya tipe presentasi digunakan pada saat pelajaran atau menjelaskan suatu produk bahkan di dalam rapat.
- Tutorial . merupakan salah satu bentuk pengajaran tentang suatu keahlian tertentu dengan menggunakan komputer . Biasanya digunakan dalam pendidikan maupun berkaitan dengan pelatihan atau pengajaran keahlian tertentu seperti tutorial perkalian , tutorial membuat website .
- Simulasi . tipe ini umumnya menggunakan komputer untuk melakukan hal seperti di dunia nyata . Bentuk simulasi juga umumnya digunakan untuk pelatihan atau sebagai informasi bagi pengguna . contohnya simulasi bagaimana menangani pertolongan pertama pada kecelakaan.
- Game . Merupakan tipe multimedia yang sangat populer . saat ini dimana - mana dapat dijumpai baik dalam perangkat mobile maupun play station , nintendo dan internet . game ini tidak hanya digunakan sebagi hiburan namun juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan . umumnya pendidikan untuk anak - anak . pembelajaran melalui game menarik perhatian anak - anak sehingga mudah dipahami .
- Web Page . di dalam web page dapat terdiri dari tipe aplikasi multimedia lainnya. pengembang aplikasi multimedia dapat menambah tutorial , simulasi atau game ke dalam web page tersebut . melalui web page dapat melakukan navigasi dengan menggunakan hypermedia . pengguna dapat berpindah pindah ke elemen multimedia yang ada dengan hypermedia.
sekian postingan mengenai Pengertian Multimedia kali ini . semoga bermanfaat.
sumber : Yulyani Arifin , S.Kom . 2015 . "Digital Multimedia" . Jakarta.
ConversionConversion EmoticonEmoticon