Pengenalan Perangkat Keras Komputer

Pada kali ini , saya akan memposting materi mata kuliah Organisasi Komputer (Sekarang bernama Infrastruktur Teknologi Informasi) yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung , Yaitu mengenai Perangkat Keras Komputer atau disebut dengan Hardware. Berikut adalah penjelasan mengenai Perangkat Keras Komputer.

Perangkat keras atau disebut juga dengan Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras atau disebut juga dengan Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya atau yang juga disebut dengan istilah instruction set . Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh Hardware tersebut , maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik , komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem . Sistem adalah komponen - komponen yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan . Apabila salah satu komponen tidak berfungsi , maka akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses - proses yang ada komputer dengan baik.

Contoh Perangkat Keras Komputer

Processor merupakan sebuah UC (Unit Control) yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer . Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otak pada sebuah komputer , karena bertugas melakukan semua perhitungan komputasi ketika akan menjalankan suatu fungsi atau program yang akan dijalankan oleh komputer
Processor

1 . Processor

Processor merupakan sebuah UC (Unit Control) yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer . Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah otak pada sebuah komputer , karena bertugas melakukan semua perhitungan komputasi ketika akan menjalankan suatu fungsi atau program yang akan dijalankan oleh komputer . 

  • Ukuran kecepatan proses pada processor menggunakan Megahertz(Mhz) atau Gigahertz(Ghz)
  • Setiap processor pada motherboard dibedakan berdasarkan jenis socketnya.

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat menyimpan komponen - komponen komputer , seperti processor , hardisk , RAM dan lain - lain
Motherboard

2 . Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat menyimpan komponen - komponen komputer , seperti processor , hardisk , RAM dan lain - lain . Motherboard atau biasa dibilang induk komputer merupakan papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS , maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing - masing perangkat . 

Bentuk - Bentuk Motherboard


Komponen - Komponen motherboard antara lain :
  • Socket Processor , Jenis socket berbeda antara intel dan AMD.
  • Slot memory , jenis RAM (DDR , DDR , DDR3 , DDR4).
  • Slot IDE , P-ATA , dan slot SATA , sebagai penghubung optical drive dan storage memory ke Motherboard.
  • Slot AGP dan PCI Express 2.0 atau 3.0 , sebagai penghubung VGA Card ke Motherboard.
  • Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) , untuk memberi daya pada BIOS.
  • I/0 Port , sekumpulan port yang digunakan untuk input ataupun output pada PC.

PC Cooler / Heatsink merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer
PC Cooler

3 . PC Cooler / Heatsink

PC Cooler / Heatsink merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer . Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya , maka peranan PC Cooler / Heatsink sangatlah penting.

RAM atau Random Access Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data secara sementara
Random Access Memory (RAM)

4 . RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data secara sementara , RAM digunakan sebagai Storage - area merupakan "memori kerja" di dalam sistem komputer . Semua data pada komputer disimpan didalam HDD , tetapi CPU (Processor) tidak mengambil data langsung dari harddisk , sebab transfer data dari HDD sangatlah lambat dibandingkan dengan RAM . Processor bekerja menggunakan data yang dibaca dari dalam RAM , maka dari itu makin besar kapasitas RAMnya makin cepat kinerja CPU . Tipe Modul RAM antara lain :
  • SIMM (Single inline Memory Module) . Jenis modul memory yang chip RAMnya digunakan komputer awal 1980-1990an.SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard.
  • DIMM (Dual inline Memory Module) . Jenis yang paling umum digunakan , berupa circuit board kecil berisi chip RAM . DIMM merupakan standar memori pada komputer desktop saat ini.
  • SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module). Sama saja fungsi dan kinerjanya dengan memori PC biasa , ada DDR1 , DDR2 dan DDR3 juga , hanya saja memori jenis ini hanya diperuntukkan bagi laptop / notebook . secara fisik dia lebih kecil dari memori PC biasa.


5 . Storage Device

Storage devices pada sistem komputer adalah suatu media penyimpanan pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data , data disimpan pada storage device bersifat permanen dan bukan bersifat sementara . Jadi kita bisa merubah meyimpan ataupun menghapus data tersebut sesuai dengan keinginan kita . contoh umum storage device antara lain :

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan salah satu media penyimpanan yang masih banyak digunakan
Harddisk

Hard Disk

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan salah satu media penyimpanan yang masih banyak digunakan . Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang terdiri dari :
  • Sector , blok-blok terkecil yang digunakan untuk menyimpan data.
  • Track , sector dalam satu lingkaran yang didalamnya teradapat.
  • Silinder , track pada posisi yang sama di piringan berbeda.

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu Hard Disk . SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya
Solid State Drive

Solid State Drive

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu Hard Disk . SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya . SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk , namun sedikit berbeda dengan hard disk . Data pada SSD disimpan pada chip - chip flash memory yang saling terhubung . Chip - chip tersebut memiliki kecepatan Read and Write yang lebih tinggi dari USB Flash Drive (UFD).


VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor
VGA Card

6 . VGA Card

VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor . VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit) . Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan , khususnya bagi para gamer maupun designer.

7 . Optical Drive

Optical Drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari dari kepingan CD/DVD . Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui , seperti : CD ROM drive , CD RW Drive , DVD ROM Drive , dan Blu Ray ROM.
  • CD ROM , adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan CD.
  • CD RW , adalah drive yang memiliki kemampuan mempaca dan menulis pada kepingan CD (Burn).
CD RW , adalah drive yang memiliki kemampuan mempaca dan menulis pada kepingan CD (Burn).
CD RW

  • DVD ROM , adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan CD dan DVD.
  • DVD RW , adalah drive yang memiliki kemampuan membaca dan meulis pada kepingan CD dan DVD.
DVD RW , adalah drive yang memiliki kemampuan membaca dan meulis pada kepingan CD dan DVD.
DVD RW

  • BD ROM , adalah drive dengan fitur lengkap yang dapat membaca CD , DVD dan juga bluray . Film - film beresolusi tinggi biasanya menggunakan Bluray Disk.
BD ROM , adalah drive dengan fitur lengkap yang dapat membaca CD , DVD dan juga bluray . Film - film beresolusi tinggi biasanya menggunakan Bluray Disk
BD ROM


8 . Sound Card

Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengendalinkan input dan output suara dari komputer dengan cara mengkonversi sinyal Digital menjadi Analog.

Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengendalinkan input dan output suara dari komputer dengan cara mengkonversi sinyal Digital menjadi Analog.
Sound Card


2 Tipe soundcard antara lain :
  • Internal (Onboard)
  • External

NIC arau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet
NIC/LAN Card

9 . NIC /LAN Card

NIC arau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet . Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui , antaranya bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet , Token Ring , dan lain-lain) dan NIC bersifat logi (contoh :Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).


Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen - komponen yang lain seperti motherboard , processor , VGA , dan lain - lain
Power Supply

10 . Power Supply

Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen - komponen yang lain seperti motherboard , processor , VGA , dan lain - lain . Power Supply bisa dibilang jantung komputer , jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.



Sekian postingan mengenai Perangkat Keras Komputer kali ini . Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment